5 Fakta Quokka, Hewan Paling Bahagia di Bumi yang Selamat Karena Foto Selfie

Senin, 06 Mei 2024 - 09:24 WIB
loading...
5 Fakta Quokka, Hewan Paling Bahagia di Bumi yang Selamat Karena Foto Selfie
Hewan ini kecil, imut, dan merupakan hewan paling bahagia di bumi. Foto: ist
A A A
AUSTRALIA - Quokka mendapatkan julukan sebagai hewan paling bahagia di dunia karena "senyumannya".

Quokka, hewan unik asal Australia Barat ini berhasil mengalahkan hewan lain seperti anjing dalam kategori paling bahagia.

Apa Itu Quokka?

Quokka (Setonix brachyurus) adalah mamalia dalam keluarga kanguru dan walabi (Macropodidae). Marsupial berbulu ini memiliki telinga bulat dan ukuran tubuh setara kucing kecil.

Mereka memiliki berat hingga 5 kg dan panjang antara 16 hingga 21 inci (40,64 hingga 53,34 sentimeter).

Terdaftar sebagai spesies rentan dalam Daftar Merah Spesies Terancam oleh International Union for Conservation of Nature, populasi Quokka telah menyusut dalam beberapa dekade terakhir.

Rubah di daratan utama Australia adalah ancaman bagi Quokka. Untungnya, karena hewan kecil ini sebagian besar tinggal di Pulau Rottnest dan Pulau Bald, mereka memiliki perlindungan.

5 Fakta Quokka
5 Fakta Quokka, Hewan Paling Bahagia di Bumi yang Selamat Karena Foto Selfie

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang hewan paling bahagia di dunia:

1. Disangka Hewan Pengerat

Pada 1696, seorang kapten Belanda bernama Willem de Vlamingh menemukan quokka dan mengira mereka adalah tikus. Dia menjuluki rumah mereka Pulau Rottnest, yang diterjemahkan menjadi "sarang tikus".

2. Mereka Hewan Nokturnal (Aktif di Malam Hari)

Quokka menghabiskan siang hari dengan tidur. Dan ketika mereka benar-benar lelap, mereka mungkin tidur di bawah tanaman Acanthocarpus preissii dalam posisi duduk.

3. 5 Bulan di Kantong Induknya

Mamalia ini menghabiskan lima bulan pertama hidup mereka di kantong induknya. Mirip Kanguru. Menurut penjaga Kebun Binatang Adelaide, pada saat itu, mereka "keluar untuk menjelajahi dunia."

4. Melompat-lompat

Mirip dengan kelinci, Quokka melompat untuk berjalan atau berpindah.

5. Herbivora

Quokka, yang memiliki dua perut, memakan daun dan rumput. Mereka juga bisa bertahan beberapa waktu tanpa makan atau minum air.

Diselamatkan oleh Foto Selfie
5 Fakta Quokka, Hewan Paling Bahagia di Bumi yang Selamat Karena Foto Selfie

Status Quokka sebagai hewan paling bahagia telah menjadikan mereka bintang media sosial. Orang-orang telah melakukan perjalanan ke Rottnest untuk berfoto dengan quokka karena senyum mereka yang tiada henti.

Tidak hanya orang mendapatkan foto selfie yang lucu dari kunjungan ini, tetapi mereka juga membantu kelestarian Quokka.

Popularitas Quokka menyebabkan peningkatan pariwisata ke Pulau Rottnest dan Pulau Bald. Pulau ini menginvestasikan kembali dana tersebut dalam penelitian untuk konservasi hewan.



"Dan ketika populasi Quokka tumbuh sekali lagi dengan kelahiran baru, pulau ini akan berterima kasih, sebagian, pada foto selfie," kata Michelle Reynolds, direktur eksekutif pulau itu pada People.

"Ini benar-benar telah menyoroti dan menarik perhatian dunia ke mamalia yang paling menakjubkan ini dan kesempatan untuk benar-benar melihat mereka dari dekat, di lingkunganalaminya."
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1976 seconds (0.1#10.140)