Dodekahedron Romawi Artefak Misterius yang Membingungkan Arkeolog

Senin, 06 Mei 2024 - 20:42 WIB
loading...
Dodekahedron Romawi Artefak Misterius yang Membingungkan Arkeolog
Dodekahedron Romawi Artefak Misterius. FOTO/ DAILY
A A A
MILAN - Dodekahedron Romawi , benda berongga 12 sisi yang membingungkan para arkeolog karena ketidakjelasan tujuan dan maknanya, kembali menarik perhatian dengan penemuan baru di Norton Disney, Inggris.



Seperti dilansir dari Science Alert, Senin (6/5/2024), benda-benda ini, meskipun tidak disebutkan dalam teks atau gambar Romawi kuno, telah ditemukan di seluruh bekas Kekaisaran Romawi, dengan konsentrasi yang aneh di Eropa utara dan Inggris.

Hingga saat ini, terhitung sekitar 130 dodekahedron yang telah ditemukan, dengan tidak satupun di Italia, tanah air Romawi. Keberadaan mereka di Inggris memicu pertanyaan tentang bagaimana benda-benda ini digunakan dan mengapa begitu populer di wilayah tertentu.

Dibalik kerumitan desainnya, dengan lubang bundar dan kenop yang rumit, dodecahedron menunjukkan keahlian tinggi para pengrajin yang membuatnya.

Terbuat dari paduan tembaga, biayanya tidak murah, mengingat waktu dan bahan yang dibutuhkan untuk pembuatannya. Hal ini menambah misteri di balik penciptaan dan penggunaannya.

Penemuan terbaru di Norton Disney oleh kelompok arkeologi lokal, di mana Anda menjadi bagiannya, menawarkan kesempatan baru untuk mengungkap rahasia dodecahedron Romawi.

Penelitian lebih lanjut tentang artefak ini, termasuk analisis konteks di mana mereka ditemukan dan potensi penggunaan mereka, dapat memberikan petunjuk tentang makna dan peran mereka dalam masyarakat Romawi.

Meskipun dodecahedron Romawi masih diselimuti misteri, penemuan baru ini dan upaya penelitian yang sedang berlangsung membuka peluang menarik untuk memahami lebih banyak tentang budaya dan teknologi Romawi kuno.

Berikut beberapa pertanyaan menarik yang dapat mendorong penelitian lebih lanjut:

Bagaimana dodecahedron Romawi dibuat?, Bagaimana dodecahedron digunakan? Apakah ada bukti penggunaannya dalam ritual, praktik keagamaan, atau aktivitas lain?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, para arkeolog dapat lebih memahami peran dodecahedron Romawi dalam kehidupan masyarakat Romawi dan mendapatkan wawasan baru tentang budaya dan praktik mereka.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3158 seconds (0.1#10.140)