Serigala Bersurai Hewan Buas Berkaki Panjang Mirip Rubah dan Anjing

Selasa, 07 Mei 2024 - 07:35 WIB
loading...
Serigala Bersurai Hewan Buas Berkaki Panjang Mirip Rubah dan Anjing
Serigala Bersurai . FOTO/ DAILY
A A A
RIO DE JANEIRO - Serigala bersurai (maned wolf) memang sekilas mirip dengan campuran antara rubah dan anjing. Namun, tahukah Anda bahwa walau julukannya "serigala", serigala bersurai sebenarnya bukanlah serigala sungguhan?



Serigala bersurai merupakan spesies tersendiri dalam genus Chrysocyon. Meskipun termasuk keluarga Canidae (famili yang sama dengan anjing dan serigala), mereka tidak memiliki hubungan dekat dengan serigala maupun rubah.

Serigala bersurai secara ilmiah diklasifikasikan sebagai Chrysocyon brachyurus, menempatkannya dalam kategori tersendiri.

Meskipun umumnya ditemukan di Amerika Selatan, perluasan perkotaan menimbulkan ancaman yang signifikan terhadap populasinya, terutama di Uruguay yang hampir punah. Penggunaan bagian tubuh hewan ini dalam pengobatan tradisional juga menambah tantangannya, meskipun tidak ada bukti manfaat kesehatannya.

Dengan bulu merah lebat, anggota badan memanjang, dan telinga tegak yang menonjol, serigala bersurai dapat mencapai berat hingga 66 pon dan panjang hampir 1 m, seperti dicatat oleh The Smithsonian.

Hewan ini bersifat omnivora dan aktif di malam hari, tumbuh subur di wilayah mirip sabana, terutama di timur laut Brasil.

Meskipun sebelumnya terlihat di negara-negara seperti Argentina dan Uruguay, urbanisasi di negara-negara tersebut telah mendorong spesies ini menuju kepunahan, mendorong migrasi ke wilayah yang lebih utara.

Chrysocyon brachyurus cenderung penyendiri saat mencari makan, mencari makan sendiri dibandingkan berkelompok. Ini adalah hewan omnivora dengan pola makan yang terutama terdiri dari buah-buahan dan sayuran musiman, ditambah dengan burung kecil dan serangga.

Berbeda dengan predator lainnya, serigala bersurai biasanya tidak memburu mangsa berukuran besar. Ancaman utamanya adalah anjing peliharaan dan puma, yang keduanya diketahui dapat membunuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3226 seconds (0.1#10.140)