Mamut Berbulu Dikaitkan dengan Aktivitas Manusia Pertama di Bumi

Selasa, 07 Mei 2024 - 15:09 WIB
Mamut Berbulu Dikaitkan dengan Aktivitas Manusia Pertama di Bumi
Hewan Purba Mamut Berbulu. IFL Science
SIBERIA - Pergerakan mamut berbulu yang berusia 14.000 tahun telah dikaitkan dengan manusia pemburu paling awal di Bumi.

Sebuah penelitian terhadap mamut yang mati 14.000 tahun lalu menunjukkan bagaimana beberapa orang Amerika pertama mendirikan kamp berburu di sepanjang rute penggembalaan sepanjang 1.000 km.

Temuan baru ini menunjukkan bahwa Amerika mungkin dihuni oleh pemburu Rusia yang melacak mamut melintasi Selat Bering hingga Alaska.

Data yang dikumpulkan oleh sekelompok ilmuwan tentang mamut betina, yang dijuluki Elma, menunjukkan bahwa penduduk awal Alaska kemungkinan besar membangun pemukiman mereka agar tumpang tindih dengan wilayah tempat mamut berkumpul.

Seperti dilansir dari Miror, ini berarti spesies dan pemburu-pengumpul awal akan berbagi habitat di Alaska.

Manusia diyakini tertarik ke wilayah tersebut dan mencapainya melalui Jembatan Darat Bering dari Rusia, karena keberadaan spesies yang dapat diprediksi dan jangka panjang tersebut.

Sebuah tim dari Universitas Alaska Fairbanks (UAF) membangun hubungan ini menggunakan analisis untuk mempelajari kehidupan Elma.

Salah satu gading mamut ditemukan di situs arkeologi Swan Point di negara bagian tersebut, sementara sampel lebih lanjut mengungkapkan rincian tentang perjalanan 1.000 km yang dia lalui di Alaska dan Kanada barat laut selama masa hidupnya.

Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang hubungan antara manusia awal dan hewan besar di masa lalu. Ini menunjukkan bahwa manusia tidak hanya berburu mamut untuk makanan, tetapi juga mengikuti pergerakan mereka untuk menemukan sumber daya lain seperti air dan tempat berlindung.

Temuan ini juga memiliki implikasi penting untuk memahami bagaimana perubahan iklim dapat memengaruhi populasi hewan dan manusia di masa depan.

Karena mamut punah karena perubahan iklim di masa lalu, mempelajari hubungan mereka dengan manusia dapat membantu kita memprediksi bagaimana perubahan iklim saat ini dapat memengaruhi interaksi antara manusia dan satwa liar.