Untuk Apa Moncong Bergerigi di Ikan Gergaji? Ini Jawabannya!

Senin, 13 Mei 2024 - 08:15 WIB
loading...
Untuk Apa Moncong Bergerigi...
Ikan gergaji memiliki moncong bergerigi yang unik dan ternyata memang digunakan untuk mencari mangsa. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Bisa jadi anime Chainsaw Man terinspirasi dari hewan ini: ikan gergaji atau sawfish. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang sangat unik dengan moncon yang mirip gergaji.

Tapi, jika ditilik lebih dalam lagi, ikan gergaji ternyata memiliki banyak sekali fakta yang mencengangkan. Seperti apa?

1. Bukan Hiu, Tapi Pari

Meskipun namanya ikan gergaji, mereka sebenarnya termasuk dalam keluarga pari (batoid). Mereka memiliki tubuh pipih dan insang di bagian bawah tubuh, seperti pari lainnya.

2. Untuk Apa "Gergaji"-nya?
Untuk Apa Moncong Bergerigi di Ikan Gergaji? Ini Jawabannya!

Rostrum atau moncong panjang bergerigi mereka bukan hanya untuk penampilan. Gergaji ini digunakan untuk mencari mangsa di dasar laut, menggali makanan, dan bahkan melawan predator.

Diet mereka terdiri dari ikan kecil, udang, dan invertebrata lainnya. Mereka menggunakan rostrum mereka yang kuat untuk menangkap dan membunuh mangsa.

3. Indera Keenam

Ikan gergaji memiliki kemampuan elektroresepsi yang luar biasa. Mereka dapat mendeteksi medan listrik yang dihasilkan oleh makhluk hidup lain, membantu mereka menemukan mangsa tersembunyi di pasir atau air keruh.

4. Terancam Punah
Untuk Apa Moncong Bergerigi di Ikan Gergaji? Ini Jawabannya!

Sayangnya, semua spesies ikan gergaji terdaftar sebagai Terancam Punah atau Sangat Terancam Punah oleh IUCN. Hal ini disebabkan oleh penangkapan ikan berlebihan dan hilangnya habitat.

5. Perenang Ulung

Meskipun terlihat besar dan berat, ikan gergaji adalah perenang yang anggun dan cepat. Mereka dapat berenang dengan cepat untuk mengejar mangsa atau menghindari predator.

6. Hidup di Dua Alam

Beberapa spesies ikan gergaji dapat hidup di air tawar dan air asin. Mereka mampu beradaptasi dengan perubahan salinitas air, memungkinkan mereka berpindah antara sungai dan laut.

Ikan gergaji dapat ditemukan di berbagai habitat, termasuk perairan payau, estuari, sungai, dan bahkan di laut dalam. Mereka lebih sering ditemukan di perairan tropis dan subtropis.

7. Bertelur, Bukan Melahirkan
Untuk Apa Moncong Bergerigi di Ikan Gergaji? Ini Jawabannya!

Ikan gergaji adalah ovovivipar, artinya mereka bertelur, tetapi telur tersebut menetas di dalam tubuh induknya. Anak ikan gergaji kemudian lahir dalam keadaan hidup.

8. Peran Penting dalam Ekosistem

Sebagai predator puncak, ikan gergaji memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut. Hilangnya mereka dapat mengganggu rantai makanan dan berdampak negatif pada kehidupan laut lainnya.


9. Salah Satu Ikan Terbesar

Ikan sawfish termasuk ke dalam kelompok ikan terbesar di dunia. Spesies tertentu dari ikan ini dapat mencapai panjang hingga 7 meter atau lebih.

10. Masa Hidup yang Panjang

Sawfish memiliki masa hidup yang relatif panjang, dengan beberapa spesies dapat hidup hinggapuluhantahun.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1365 seconds (0.1#10.140)