Berbentuk Aneh, Fosil Pohon Seuss Berusia 350 Juta Tahun Ditemukan

Selasa, 14 Mei 2024 - 11:29 WIB
Berbentuk Aneh, Fosil...
Fosil Pohon Seuss Berusia 350 Juta Tahun. FOTO/ MIRROR
LONDON - Penemuan fosil pohon berusia 350 juta tahun yang luar biasa, dijuluki "Pohon Dr. Seuss" karena bentuknya yang aneh dan unik, telah membuat para ilmuwan terpana. Fosil-fosil ini memberikan wawasan tak ternilai tentang masa-masa awal hutan di Bumi dan evolusi tumbuhan.

Pohon-pohon ini, yang diawetkan dengan sempurna oleh gempa bumi dahsyat, menawarkan sekilas dunia yang hilang. Daun mereka yang besar dan bentuknya yang tidak biasa tidak seperti apa pun yang terlihat saat ini, menantang pemahaman kita tentang flora purba.

Penemuan ini sangat penting karena kelangkaan fosil pohon yang terpelihara dengan baik dari periode ini. Hanya segelintir spesimen seperti ini yang diketahui ada, memberikan para ilmuwan kesempatan langka untuk mempelajari struktur dan fisiologi pohon purba secara detail.

Penelitian ini, yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology, menyoroti pentingnya melestarikan situs fosil dan potensi luar biasa yang mereka pegang untuk membuka kunci masa lalu planet kita.

"Pohon Dr. Seuss" adalah pengingat akan keanekaragaman hayati yang menakjubkan yang pernah menghiasi Bumi dan mendorong kita untuk terus mencari dan mempelajari keajaiban alam yang tersembunyi.

Pohon-pohon tersebut berusia sekitar 350 juta tahun, berasal dari periode Devonian, masa awal era Paleozoikum.

Gempa bumi dahsyat mengubur pohon-pohon saat masih berdiri, melestarikannya dengan detail luar biasa.

Pohon-pohon ini memiliki bentuk yang aneh dan tidak biasa, dengan daun besar dan struktur batang yang unik.

Penemuan ini memberikan wawasan berharga tentang evolusi tumbuhan dan awal hutan di Bumi.
Kelangkaan: Hanya sedikit fosil pohon dari periode ini yang terpelihara dengan baik, membuat penemuan ini semakin penting.

Penemuan "Pohon Dr. Seuss" adalah pengingat yang menarik tentang kekuatan alam dan misteri yang masih tersembunyi di dalam Bumi. Ini adalah bukti nyata dari keajaiban evolusi dan kekayaan keanekaragaman hayati yang pernah menghiasi planet kita.