Harimau Tasmania Terlihat Berkeliaran setelah Heboh Jejak Loreng Jawa

Kamis, 23 Mei 2024 - 16:01 WIB
loading...
Harimau Tasmania Terlihat Berkeliaran setelah Heboh Jejak Loreng Jawa
Harimau Tasmania muncul kembali. FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Usai kemunculan hewan buas yang telah lama punah Harimau Jawa. netizen dikejutkan melihat gambar baru di media sosial yang mengaku sebagai Harimau Tasmania yang telah punah 88 tahun lalu



Gambar yang dibagikan oleh pengguna Reddit mengejutkan banyak orang. Sebagian netizen meyakini Harimau Tasmania masih ada, namun sebagian lainnya curiga dengan foto tersebut.

Seorang pria bernama Zack berbagi foto tersebut dengan pakar satwa liar AS, Forrest Galante. Zack mengaku menemukan hewan tersebut di pinggir jalan saat berlibur bersama ayahnya di Tasmania pada April lalu.

Berbicara kepada Forrest di saluran YouTube, Zack mengklaim bahwa dia dan ayahnya mengira hewan itu adalah seekor anjing, namun berubah pikiran setelah mendengarnya 'jeritan'.

Menurut Zack, pertemuan itu berlangsung sekitar 30 detik dan dia memotret hewan tersebut.

“Kami tidak yakin apa yang akan kami lakukan karena itu seperti menunggu sesuatu atau bersiap menyerang,” ujarnya seperti dilansir dari Daily Start, Kamis (23/5/2024).

Harimau Tasmania, juga dikenal sebagai serigala Tasmania atau Thylacinus cynocephalus, adalah mamalia marsupial karnivora yang telah punah. Binatang ini adalah spesies terakhir dari genusnya, Thylacinus. Sebagian besar spesiesnya ditemukan dalam bentuk fosil yang berasal dari awal zaman Miosen.

Penyebab kepunahan Harimau Tasmania masih belum diketahui, tetapi kemungkinan besar disebabkan oleh kombinasi faktor, termasuk perburuan, kompetisi dengan dingo yang diperkenalkan, dan penyakit.

Meskipun Harimau Tasmania telah punah, hewan ini tetap menjadi hewan yang ikonik dan dihormati di Australia. Hewan ini telah ditampilkan dalam banyak buku, film, dan program televisi, dan merupakan simbol penting dari warisan alam Australia.

Upaya sedang dilakukan untuk menghidupkan kembali Harimau Tasmania menggunakan teknologi kloning. Pada tahun 2022, para ilmuwan berhasil membuat genom Harimau Tasmania yang lengkap, dan mereka berharap dapat menggunakan informasi ini untuk membuat embrio kloning di masa depan. Namun, masih banyak tantangan yang harus diatasi sebelum kloning Harimau Tasmania menjadi kenyataan.

Meskipun Harimau Tasmania mungkin tidak pernah kembali ke alam liar, upaya untuk menghidupkan kembali hewan ini merupakan pengingat penting dari pentingnya konservasi dan upaya untuk melindungi spesies yang terancam punah.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)
pixels