Gunung Es Lebih Besar dari Las Vegas Lepas dari Antartika

Jum'at, 24 Mei 2024 - 22:45 WIB
loading...
Gunung Es Lebih Besar dari Las Vegas Lepas dari Antartika
Sebuah gunung es terdeteksi terlepas dari benua Anrartika. FOTO/ IFL Science
A A A
JAKARTA - Gunung es yang lebih besar dari Las Vegas memisahkan diri dari benua Antartika dan mengapung di lautan.


Seperti dilansir dari IFL Sciebce, Jumat (24/5/2024), bongkahan es raksasa seluas 380 kilometer persegi (147 mil persegi) telah berpisah dari Antartika pada pagi hari tanggal 20 Mei 2024.

Peristiwa ini merupakan pengingat kekuatan alam yang luar biasa dan dampak perubahan iklim pada planet kita. Mencairnya lapisan es Antartika berkontribusi pada kenaikan permukaan laut, yang pada akhirnya dapat menyebabkan banjir di daerah pesisir di seluruh dunia.

Peristiwa ini merupakan fenomena alam yang terjadi secara alami dan merupakan bagian dari siklus hidup lapisan es Antartika.

Para ilmuwan telah memantau retakan di es selama beberapa tahun dan memprediksi bahwa bongkahan es ini akan terpisah dalam waktu dekat.

Pemisahan gunung es ini tidak terkait dengan perubahan iklim. Meskipun perubahan iklim memang menyebabkan pencairan es di Antartika secara keseluruhan, retakan Halloween sudah ada selama beberapa dekade dan pemisahan gunung es ini adalah bagian dari proses alami.

Peristiwa ini tidak berdampak langsung pada manusia atau satwa liar di Antartika. Namun, para ilmuwan akan terus memantau gunung es tersebut untuk mempelajari lebih lanjut tentang perilaku lapisan es Antartika.

Penting untuk terus memantau situasi ini dan mengambil tindakan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan memerangi perubahan iklim.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)
pixels