Inilah Penyebar Super dari Sepertiga Misinformasi di X

Senin, 27 Mei 2024 - 10:13 WIB
loading...
Inilah Penyebar Super dari Sepertiga Misinformasi di X
Penyebar Super dari Sepertiga Misinformasi di Twitter. FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Menurut sebuah studi baru, hanya 10 “ penyebar supe r” yang bertanggung jawab atas lebih dari sepertiga misinformasi yang diposting di Twitter (sekarang X) selama periode delapan bulan pada tahun 2020.



Misinformasi telah menjadi perhatian serius dalam beberapa tahun terakhir. Sekilas, jenis konten ini mungkin tampak menjengkelkan, namun juga dapat menimbulkan dampak negatif yang signifikan.

Seperti dilansir dari IFL Science, secara khusus, misinformasi dapat menimbulkan ketidakpercayaan terhadap lembaga-lembaga demokrasi atau bahkan mengancam kepercayaan terhadap sistem kesehatan masyarakat.

Serangan terhadap Gedung Capitol pada tanggal 6 Januari 2021 adalah contoh ekstrem tentang bagaimana misinformasi dapat menyebabkan kerusuhan politik yang disertai kekerasan, sementara informasi konspirasi serupa sangat mengganggu upaya untuk mengatasi COVID-19 selama pandemi.

Selama beberapa waktu, para peneliti telah menyadari bahwa beberapa orang di media sosial lebih cenderung menyebarkan informasi yang salah dibandingkan orang lain.

Apa yang disebut “penyebar super” yaitu pengguna yang secara konsisten menyebarkan konten dengan kredibilitas rendah dalam jumlah yang sangat besar – mungkin bertanggung jawab atas sebagian besar masalah ini.

Faktanya, studi mengenai dampak misinformasi pada pemilu AS tahun 2016 menemukan bahwa 0,1 persen pengguna Twitter bertanggung jawab atas berbagi 80 persen konten cerdik yang beredar pada saat itu.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4941 seconds (0.1#10.140)
pixels