Parade 6 Planet Bisa Disaksikan di Seluruh Dunia, Simak Jam dan Tanggalnya

Kamis, 30 Mei 2024 - 07:46 WIB
Parade 6 Planet Bisa Disaksikan di Seluruh Dunia, Simak Jam dan Tanggalnya
Parade 6 planet akan menghiasi langit malam pada 3 Juni 2024. (Foto: NewsBytes)
JAKARTA - Peristiwa langka berupa parade 6 planet akan menghiasi langit pada 3 Juni 2024 mendatang. Fenomena ini bisa disaksikan di seluruh penjuru dunia, beberapa jam sebelum matahari terbit.

Selama peristiwa ini, enam planet - Merkurius , Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus - akan tampak sejajar dalam garis lurus saat mengelilingi Matahari. Barisan ini akan terlihat dalam waktu singkat menggunakan peralatan seperti teleskop atau teropong. Parade Planet adalah fenomena alam yang terjadi secara alami dan menjadi istimewa ketika lebih dari dua atau tiga planet berkumpul.

Menurut Starwalk.space, Kamis (30/5/2024) Parade Planet ini akan terlihat luas di seluruh dunia pada 3 Juni, beberapa jam sebelum matahari terbit. Namun, jarak pandang dapat bervariasi tergantung pada wilayahnya. Misalnya, warga Sao Paulo bisa menyaksikan peristiwa kosmik ini lebih awal pada 27 Mei di sektor langit 43 derajat.

Di Sydney, fenomena ini akan terlihat pada 28 Mei di sektor langit 59 derajat, sementara warga New York bisa menyaksikan pemandangan ini pada 3 Juni.

Bagi yang melewatkan peristiwa pada 3 Juni 2024, Parade Planet lainnya dijadwalkan akan terjadi pada 28 Agustus. Peristiwa yang lebih istimewa lagi yaitu kesejajaran tujuh planet yang menampilkan Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus akan terjadi pada 28 Februari 2025.

Selama Parade Planet, planet-planet tidak sejajar dengan sempurna tetapi tampak demikian karena posisi mereka relatif satu sama lain.

Tempat terbaik untuk menyaksikan Parade Planet adalah jauh dari gedung pencakar langit dan kota-kota dengan sedikit polusi cahaya dan penghalang fisik. Mars dan Saturnus mungkin terlihat tanpa peralatan khusus karena ukurannya. Namun, untuk melihat Merkurius, Jupiter, Uranus, dan Neptunus memerlukan bantuan alat khusus.