Kendalikan Emisi GRK demi Kelangsungan Hidup Manusia dan Bumi

Rabu, 29 Mei 2024 - 20:11 WIB
loading...
Kendalikan Emisi GRK demi Kelangsungan Hidup Manusia dan Bumi
Pergelaran TOP CSR Awards 2024, Rabu, 29/05/2024, di Jakarta. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Di era modern ini, perusahaan memiliki peran krusial dalam mengendalikan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) untuk mendukung pembangunan nasional dan stimulasi ekonomi yang berkelanjutan.



Perubahan iklim akibat emisi GRK yang tidak terkendali membawa dampak signifikan bagi kelangsungan hidup manusia dan planet bumi.

Dampak ini, seperti kekeringan, banjir, dan bencana alam lainnya, dapat mengganggu stabilitas ekonomi dan menghambat pembangunan nasional.

Perusahaan di Indonesia disarankan menerapkan inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) dan Environmental, Social, Governance (ESG) sehingga mendukung bisnis perusahaan pun tumbuh secara berkelanjutan.

“Caranya, pertama, melalui operasi bisnis yang tidak merusak lingkungan dan menggunakan sumber daya energi yang ramah lingkungan,” ujar Sigit Reliantoro, Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, saat menyampaikan sambutan kunci pada acara puncak TOP CSR Awads 2024, di Jakarta, Rabu, 29/05/2024, mewakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

“Kedua, menerapkan ESG dalam mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.”

Perusahaan di Indonesia, lanjut Sigit, juga dapat ikut berperan mewujudkan tranformasi ekonomi lingkungan melalui aktualisasi nilai ekonomi karbon untuk pengendalian emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dalam pembangunan nasional dan stimulasi ekonomi.

Dengan mengukur emisi GRK dan menghitung nilai karbon, perusahaan dapat memulai langkah nyata dalam mengurangi emisi dan berkontribusi pada upaya kolektif untuk memerangi perubahan iklim.

Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga dapat meningkatkan daya saing dan reputasi perusahaan di mata investor dan konsumen yang semakin sadar akan pentingnya keberlanjutan.

Sementara, Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2024, M. Lutfi Handayani, MM., MBA mengatakan CSR dan ESG diekspektasikan tidak hanya memberikan manfaat untuk masyarakat dan lingkungan, namun harus selaras dengan strategi bisnis, harus mendukung pencapaian target-target bisnis, agar kinerja perusahaan dapat terus tumbuh secara berkelanjutan.

“Investor pun kini menuntut perusahaan untuk menjalankan ESG. Hal ini pun perlu diperhatikan agar bisnis bisa tumbuh sinambung, peduli sosial, dan bertata kelola baik,” tutup Lutfi.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2289 seconds (0.1#10.140)
pixels