Malaysia Gunakan Orangutan untuk Kenalkan Kelapa Sawit kepada Dunia

Jum'at, 07 Juni 2024 - 11:11 WIB
loading...
Malaysia Gunakan Orangutan untuk Kenalkan Kelapa Sawit kepada Dunia
Orangutan. IFL Science
A A A
KUALALUMPUR - Malaysia baru-baru ini mengumumkan rencana "diplomasi orangutan", yang bertujuan untuk mengirim orangutan ke negara-negara mitra dagang utama kelapa sawit mereka.



Dikenakan sebagai tanda komitmen terhadap pelestarian spesies yang terancam punah, langkah ini telah menuai kritik dan kekhawatiran dari berbagai pihak.

Seperti dilansir dari IFL Science, Jumat (7/6/2023), pengumuman tersebut disampaikan oleh Menteri Perkebunan dan Komoditas Malaysia Johari Abdul Ghani pada forum keanekaragaman hayati yang berlangsung pada awal Mei.

Meskipun detail pasti dari rencana tersebut belum jelas, rencana tersebut akan melibatkan pengiriman orangutan sebagai “hadiah” ke negara-negara pengimpor minyak sawit.

“Dengan memperkenalkan 'diplomasi orangutan', ini secara langsung membuktikan kepada masyarakat dunia bahwa Malaysia selalu berkomitmen terhadap konservasi keanekaragaman hayati,” tulis Ghani kemudian di X, menyamakan rencana tersebut dengan “diplomasi panda” China. Sama seperti Tiongkok yang merupakan satu-satunya tempat di mana panda liar hidup, orangutan hanya ditemukan di Kalimantan dan Sumatra Indonesia.

“Malaysia tidak bisa mengambil pendekatan defensif terhadap isu kelapa sawit, sebaliknya kita perlu menunjukkan kepada negara-negara di dunia bahwa Malaysia adalah produsen minyak sawit berkelanjutan dan berkomitmen untuk melindungi hutan dan kelestarian lingkungan,” lanjutnya

Beberapa pihak melihat potensi positif, seperti peningkatan kesadaran tentang kelestarian orangutan dan mendorong kerjasama internasional dalam upaya pelestarian.

Banyak organisasi lingkungan dan aktivis hak-hak hewan menentang keras rencana ini, dengan tegas menyatakan bahwa ini bukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah deforestasi dan perdagangan ilegal orangutan.

Diplomasi orangutan Malaysia masih dalam tahap awal dan diselimuti kontroversi. Masih banyak pertanyaan dan kekhawatiran yang belum terjawab.

Diperlukan kejelasan dan akuntabilitas yang lebih besar dari pihak berwenang Malaysia untuk memastikan bahwa kesejahteraan orangutan diutamakan dan rencana ini benar-benar berkontribusi pada pelestarian spesies ini dan habitatnya.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4028 seconds (0.1#10.140)
pixels