Mengenal Elecispoon, Sendok Pintar untuk Memperbaiki Cita Rasa Makanan

Sabtu, 01 Juni 2024 - 14:00 WIB
loading...
Mengenal Elecispoon, Sendok Pintar untuk Memperbaiki Cita Rasa Makanan
Elecispoon diciptakan oleh Kirin Holdings bekerjasama dengan para ilmuwan di Universitas Meiji. (Foto: Oddity Central)
A A A
JAKARTA - Beragam inovasi teknologi terus diciptakan. Terbaru ada Elecispoon, sendok pintar yang dirancang untuk memperbaiki cita rasa makanan. Perangkat pintar ini diciptakan oleh perusahaan teknologi Jepang, Kirin Holdings bekerjasama dengan para ilmuwan di Universitas Meiji.

Melansir dari Oddity Central, Sabtu (1/6/2024) Elecispoon bekerja dengan cara unik. Yaitu memperbaiki cita rasa makanan yang rendah garam, untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat. Elecispoon meningkatkan persepsi indra pengecap terhadap garam, sehingga membuat makanan terasa lebih enak.

Penggunaan garam berlebihan adalah masalah kesehatan umum yang dialami masyarakat di berbagai belahan dunia. Namun, ketidakpuasan masyarakat terhadap makanan rendah garam juga tinggi. Oleh karena itu, mencegah masalah kesehatan serius yang disebabkan oleh asupan garam tidak semudah menghilangkannya dari pola makan orang. Di sinilah solusi modern dan cerdas seperti Elecispoon muncul. Sendok cerdas ini menggunakan teknologi bentuk gelombang arus unik untuk menipu indra pengecap pengguna.



Menurut siaran pers Kirin, ujung sendok tersebut berisi mekanisme yang dapat mentransfer muatan listrik ke makanan yang disentuhnya dan pada saat yang sama menghasilkan medan listrik di sekitar lidah. Medan ini menyebabkan ion natrium dalam makanan berkumpul bersama, yang menghasilkan rasa asin dan rasa yang lebih kuat.

Karena manusia merasakan rasa asin secara berbeda, Elecispoon memiliki empat pengaturan intensitas listrik. Meskipun Kirin menyarankan pengguna untuk memulai dengan level pertama, perusahaan mengklaim bahwa pengaturan tertinggi pun tidak cukup kuat untuk menyebabkan sengatan atau bahkan sensasi kesemutan. Karena sendok ini menggunakan listrik untuk bekerja, maka diperlukan sumber daya, yaitu baterai lithium isi ulang 3V yang terpasang di gagangnya.



Elecispoon bisa menjadi penyelamat bagi pencinta kuliner yang tidak bisa lagi menggunakan garam sebanyak yang mereka inginkan, tetapi Kirin Holdings memperingatkan bahwa tidak semua orang boleh menggunakannya. Orang dengan gangguan saraf wajah, alergi logam, atau ketidakmampuan merasakan sakit atau suhu tidak boleh menggunakan Elecispoon. Sendok pintar ini juga tidak direkomendasikan untuk orang dengan implan medis bertenaga listrik, wanita hamil, dan orang yang sedang menjalani perawatan gigi.

Sebanyak 200 Elecispoon pintar gelombang pertama tersedia untuk dibeli di toko online Kirin pada 20 Mei, tetapi perusahaan Jepang tersebut mengumumkan bahwa Elecispoon juga akan tersedia di toko peralatan rumah tangga tertentu di Jepang mulai Juni 2024. Harga untuk satu Elecispoon saat ini adalah 19.800 Yen atau sekira Rp2 juta.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2916 seconds (0.1#10.140)
pixels