Pasir Pantai Pink Garnet Diklaim Ilmuwan Berasal dari Gunung Antartika

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:56 WIB
loading...
Pasir Pantai Pink Garnet Diklaim Ilmuwan Berasal dari Gunung Antartika
Pantai Pink Garnet. IFL Science
A A A
SIDNEY - Pasir merah muda yang indah di Semenanjung Yorke dan Fleurieu di Australia Selatan ternyata memiliki asal-usul yang mengejutkan.



Seperti dilansir dari IFL Science, Kamis (15/6/20234) warna merah jambu yang unik ini berasal dari batu delima yang dihaluskan, dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa sumbernya kemungkinan besar adalah gunung yang sekarang terkubur di bawah es di Antartika, ribuan kilometer jauhnya.

Meskipun Australia Selatan terkenal dengan ikon berwarna merah jambu seperti danau berwarna pink dan celana pendek mantan Perdana Menteri, pasir merah muda di pantai-pantai ini masih tergolong jarang diketahui.

Butiran-butiran halus ini, berwarna merah muda karena dedaunan delima yang hancur, bervariasi dalam konsentrasinya di berbagai pantai, dari hampir tak terlihat hingga mendominasi seluruh hamparan pasir.

Menentukan asal-usul pasir delima ini terbilang mudah, karena kondisi geologis yang menghasilkannya jarang terjadi dalam sejarah Bumi.

Para ilmuwan berharap dengan melacak asal garnet, mereka dapat mempelajari lebih banyak tentang sejarah geologi wilayah tersebut dengan mempelajari jalur yang dilaluinya untuk mencapai pantai-pantai ini.

Australia Selatan memiliki dua sumber garnet yang diketahui. Yang pertama terbentuk 514-490 juta tahun yang lalu selama pembentukan Sabuk Lipat Adelaide.

Sumber lainnya jauh lebih tua, berasal dari 3,3 hingga 1,4 miliar tahun yang lalu ketika Gawler Craton, yang sekarang menjadi bagian tengah negara bagian, terbentuk.

Para peneliti dari Universitas Adelaide mempelopori metode penanggalan lutetium-hafnium berbasis laser, yang memungkinkan mereka untuk menentukan bahwa beberapa butiran garnet di pantai-pantai ini berasal dari kedua peristiwa pembentukan geologis tersebut. Namun, sebagian besar butiran garnet, dan yang paling umum, berusia antara 570 hingga 590 juta tahun.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)
pixels