Inti Bumi Berputar Lambat, Ilmuwan Klaim 1 Hari Akan Bertambah Panjang

Senin, 17 Juni 2024 - 07:58 WIB
loading...
Inti Bumi Berputar Lambat, Ilmuwan Klaim 1 Hari Akan Bertambah Panjang
Inti BumI Berputar Lambat. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
LONDON - Inti bumi , bola padat yang panas di pusat planet kita, berputar lebih lambat selama lebih dari satu dekade. Hal ini pertama kali diamati pada tahun 2008, dan sejak saat itu, rotasi inti terus melambat.



Para ilmuwan belum sepenuhnya memahami penyebab inti melambat. Salah satu hipotesisnya adalah karena perubahan dalam medan magnet bumi.

Seperti dilansir dari IFL Science, hipotesis lain menunjukkan bahwa hal ini dapat disebabkan oleh redistribusi massa di dalam bumi.

Dampak paling nyata dari perlambatan inti adalah pada panjang hari. Rotasi bumi yang melambat berarti hari-hari kita menjadi sedikit lebih panjang. Namun, efek ini sangat kecil, hanya beberapa milidetik per hari.

Perlambatan inti juga dapat berdampak pada medan magnet bumi. Medan magnet ini melindungi kita dari radiasi berbahaya dari matahari.

Para ilmuwan masih mempelajari bagaimana perlambatan inti dapat memengaruhi medan magnet, tetapi ada kemungkinan dapat menyebabkan medan magnet menjadi lebih lemah atau bahkan berbalik.

Saat ini, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa perlambatan inti bumi merupakan ancaman bagi manusia. Namun, para ilmuwan terus mempelajari fenomena ini untuk lebih memahami potensinya.

Secara keseluruhan, perlambatan inti bumi adalah fenomena menarik yang masih belum kita pahami sepenuhnya. Meskipun ada beberapa dampak yang mungkin terjadi, tidak ada alasan untuk khawatir saat ini.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8259 seconds (0.1#10.140)
pixels