Aneh dan Langka, Ikan Piranha Ini Punya Gigi Seperti Manusia

Sabtu, 22 Juli 2023 - 20:18 WIB
loading...
Aneh dan Langka, Ikan Piranha Ini Punya Gigi Seperti Manusia
Ikan aneh mirip piranha ini punya keunikan karena memiliki gigi yang mirip seperti gigi manusia. Foto/Oklahoma Department of Wildlife Conservation/Live Science
A A A
WASHINGTON - Seorang bocah laki-laki di Oklahoma menangkap ikan aneh mirip piranha dan punya keunikan karena memiliki gigi yang mirip seperti gigi manusia. Departemen Konservasi Margasatwa Oklahoma (ODWC) menyebutkan ikan eksotis ini dikenal dengan nama ikan pacu, masih famili piranha yang tidak berbahaya.

Bocah laki-laki bernama Charlie Clinton menangkap ikan eksotis ini di kolam di sekitar rumahnya pada 15 Juli 2023. Ikan ini dikenal dengan nama pacu merupakan famili Serrasalmidae yang berkerabat dekat dengan piranha.

Meskipun sama-sama berasal dari Amerika Selatan, ikan Pacu tidak memiliki gigi seperti piranha yang setajam silet. Ikan pacu memiliki gigi yang sangat mirip dengan gigi manusia di balik bibirnya.



Ikan pacu sebenarnya termasuk spesies yang invasif, namun tidak berbahaya seperti piranha. Ikan pacu telah berevolusi dengan memiliki gigi mirip manusia untuk mengakomodasi makanannya yang bervariasi.

Menurut American Museum of Natural History (AMHN), gigi ikan pacu yang rata dan mirip manusia kemungkinan besar merupakan hasil evolusi dari jenis makanan yang bervariasi. Termasuk ikan kecil, krustasea bercangkang keras, buah, dan kacang tanaman air tawar.
Aneh dan Langka, Ikan Piranha Ini Punya Gigi Seperti Manusia


“Kotoran ikan pacu juga membantu menyuburkan tanaman air tawar dan menyebarkan benihnya, yang menjadikannya spesies kunci di ekosistem aslinya,” keterangan AMNH dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Sabtu (22/7/2023).

Namun, seperti kebanyakan spesies invasif lainnya, pacu dapat berdampak negatif pada ekosistem tempat mereka tinggal. Spesies ikan pacu bisa tumbuh dengan panjang sekitar 1 meter dan berat hingga 40 kilogram.



Pada tahun 2018, Kennedy Smith, juga pernah menangkap seekor ikan pacu di danau Oklahoma yang beratnya sekitar 0,5 kg. Ikan itu menggigit jari neneknya ketika mencoba melepaskannya dari kail.

“Saya bingung karena saya tahu ikan bergigi itu tidak normal. Aneh. Mereka seperti manusia dan itu membuatnya semakin aneh,” kata Smith kepada USA Today kala itu.

Ikan pacu bukan satu-satunya ikan bergigi mirip manusia yang muncul di perairan AS. Pada tahun 2021, seekor ikan kepala domba (Archosargus probatocephalus) dengan kumpulan gigi seputih mutiara dan ukuran lebih besar ditangkap dari dermaga di garis pantai Carolina Utara.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)