Kenapa Serigala Tidak Ada di Tempat Sirkus? Ilmuwan Temukan Fakta Mengejutkan

Minggu, 23 Juni 2024 - 16:54 WIB
loading...
Kenapa Serigala Tidak Ada di Tempat Sirkus? Ilmuwan Temukan Fakta Mengejutkan
Kenapa Serigala Tidak Ada di Tempat Sirkus? FOTO/ DISCOVERY
A A A
JAKARTA - Fakta mengejutkan mengapa serigala tidak di tempat sirkus sangat mengejutkan, erigala hidup dalam kelompok yang erat dan hanya patuh pada pemimpinnya (alfa). Di sirkus, mereka harus tunduk pada pelatih, yang bertentangan dengan hierarki alami mereka.

BACA JUGA - Bertaring Panjang, Inilah Wujud Seram Leluhur Harimau Jawa

Seperti dilansir dari Faunatis, erigala merupakan hewan sosial yang memegang teguh prinsip hierarki dan kepemimpinan. Prinsip hierarki adalah sebuah aturan yang menonjolkan kepemimpinan dari atas ke bawah

Beberapa makhluk hidup yang memiliki struktur sosial yang kompleks, biasanya akan mengaplikasikan sistem hierarki. Kelompok sosial serigala selalu hidup dalam keluarga besar dengan sekitar 20 ekor setiap kelompoknya. Maka tidak mengherankan jika mereka menerapkan sistem hierarki tersebut selama mereka masih memiliki satu sama lain.

Berbeda dengan ras kucing lain, serigala termasuk hewan yang sangat sulit dijinakkan. Pola ruang dan makanan yang berbeda jauh dengan anjing, menjadi alasan utama mengapa serigala tidak bisa dijinakkan bahkan dipelihara.

Mereka hanya akan patuh pada Alpha atau Beta, sebutan bagi pemimpin dalam kelompok serigala. Dengan kata lain mereka hanya patuh pada pimpinannya.

Mereka biasanya lebih memilih mati daripada harus tunduk selain pada pimpinannya. Itulah mengapa serigala tidak pernah dijadikan hewan pemain sirkus.

Walaupun berdasarkan penelitian, hewan yang kerap disebut buas ini sebetulnya pemalu dan selalu bersikap waspada jika berhadapan dengan manusia.

Sistem hierarki sendiri bisa bertahan pada kawanan serigala sebab serigala adalah hewan monogami atau hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya.

Dilansir dari Live Science, cara monogami yang dilakukan oleh serigala adalah salah satu kunci keselamatan spesies dalam proses evolusi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0902 seconds (0.1#10.140)
pixels