Ini Fitur Radar Ground Control Interception GM-403 yang Akan Digunakan di IKN

Rabu, 03 Juli 2024 - 18:52 WIB
loading...
Ini Fitur Radar Ground Control Interception GM-403 yang Akan Digunakan di IKN
Pengadaan 13 unit sistem radar GCI ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memodernisasi dan memperkuat kemampuan pertahanan negara, serta alutsista TNI. Foto: ist
A A A
IKN - Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal dikawal radar Ground Control Interception (GCI) GM-403. Salah satu alutsista (alat utama sistem pertahanan) ini merupakan hasil kerja sama antara Indonesia dan Prancis.

Seperti diberitakan Kementerian Pertahanan (Kemhan), PT Len Industri (Persero) untuk pengadaan 13 unit sistem radar Ground Control Interception (GCI) GM-403 dari Thales, Prancis. Kerja sama ini telah ditandatangani oleh Direktur Utama Len, Bobby Rasyidin, dan SVP Latin America & Asia of Thales International SAS, Guy Bonassi, di Prancis.

Kontrak antara Thales dan Kemhan ditandatangani pada 20 April 2022 dan pengiriman dilakukan dalam waktu 48 bulan setelah tanggal efektif kontrak. Selain itu, periode garansi untuk sistem radar ini adalah 36 bulan.

Kemhan mengadakan kontrak pembelian dengan PT Len Industri (Persero) untuk memajukan industri pertahanan dalam negeri. Sistem radar GCI sangat penting untuk memantau dan mengendalikan lalu lintas udara, memberikan peringatan dini terhadap ancaman udara potensial, dan memastikan keamanan ruang udara nasional.

Pengadaan 13 unit sistem radar GCI ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memodernisasi dan memperkuat kemampuan pertahanan negara, serta alutsista TNI.

Keterlibatan PT Len Industri (Persero) dalam proses pengadaan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan industri pertahanan dalam negeri, meningkatkan kesempatan kerja lokal, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Sebagai informasi, Thales GM-403 merupakan jenis radar full digital dengan kemampuan pengukuran 3D (tiga dimensi) dalam frekuensi S-band. Ini merupakan keluarga radar GM400, yang dilengkapi teknologi AESA (Active Electronically Scanned Array).



Radar ini dapat mendeteksi berbagai jenis sasaran dengan presisi tinggi. Memiliki akurasi di kisaran 50 meter, Thales GM-403 dapat mendeteksi sasaran secara instrumen dari jarak 470 km dan identifikasi sasaran dari jarak 390 km dengan tingkat akurasi 50 meter.

Melansir Armyrecognition, disebutkan kecepatan rotasi antena Thales GM-403 adalah 6 rpm dan ketinggian deteksi radar ini mencapai 30.500 meter dengan elevasi antena 20 derajat.

Fitur yang melengkapi radar ini mencakup Electronic Counter-CounterMeasures (ECCM) dan Tactical ballistic missile (TBM)detection.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)
pixels