Cuaca Lagi Tidak Menentu, NASA Tunjukkan Foto-foto Mengerikan Ini

Jum'at, 05 Juli 2024 - 14:53 WIB
loading...
Cuaca Lagi Tidak Menentu, NASA Tunjukkan Foto-foto Mengerikan Ini
NASA Tunjukkan Foto-foto Mengerikan Ini. FOTO/ DAILY
A A A
NEW YORK - Cuaca di seluruh dunia termasuk di Indonesia cenderung mengalami perubahan yang cukup drastis. Tiga hari lalu, cuaca hujan turun terus menerus seharian, kemudian cuaca berubah menjadi panas terik.



Hal tersebut faktanya tidak hanya terjadi di Indonesia saja, akan tetapi di beberapa negara lain di belahan dunia, Astronot NASA Matthew Dominick berhasil mengabadikan gambar-gambar menakjubkan Badai Beryl yang mengamuk dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Saat itu, ISS melintasi Karibia pada ketinggian lebih dari 200 mil.

Foto-fotonya yang luar biasa menunjukkan kekuatan dan keganasan badai, dengan pusaran mata yang jelas terlihat dikelilingi oleh awan tebal.
Cuaca Lagi Tidak Menentu, NASA Tunjukkan Foto-foto Mengerikan Ini

Dominick membagikan gambar-gambar tersebut di media sosialnya, dengan mengungkapkan rasa kagum dan kekhawatirannya terhadap kekuatan alam.

"Menatap mata dengan lensa 50 hingga 500 mm memberi saya perasaan menakutkan tingkat tinggi terhadap cuaca yang akan terjadi di bumi," tulisnya dalam sebuah postingan seperti dilansir dari Daily Mail, Jumat (5/7/2024).

Dalam penelitiannya menunjukkan bahwa emisi bahan bakar fosil yang tinggi yang memanaskan bumi dengan cepat akan membawa lebih banyak kejutan buruk seperti ini.

Di wilayah sempit di tengah Samudra Atlantik, tempat sebagian besar badai terbentuk, suhu permukaan laut sangat tinggi.

Faktanya, kandungan panas laut - yang merupakan ukuran seberapa banyak energi yang terkandung di permukaan air yang menjadi sumber kekuatan badai - mendekati rata-rata September pada tanggal 1 Juli.
Cuaca Lagi Tidak Menentu, NASA Tunjukkan Foto-foto Mengerikan Ini

Sangat mengkhawatirkan bahwa lautan telah menyerap panas dengan sangat cepat, mencapai puncaknya di awal musim panas.

Jika Atlantik tropis sudah menghasilkan badai dahsyat seperti Beryl, apa yang akan terjadi pada musim badai lainnya?

Badai Beryl adalah pengingat nyata akan konsekuensi serius dari perubahan iklim. Kita perlu bertindak sekarang untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah badai yang lebih dahsyat, gelombang panas, kekeringan, dan bencana terkait cuaca lainnya di masa depan.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2271 seconds (0.1#10.140)
pixels