Cek Perbandingan Spesifikasi Jet Tempur F-16 vs F-35A, Layak Diganti?

Sabtu, 06 Juli 2024 - 16:59 WIB
loading...
Cek Perbandingan Spesifikasi...
Perbandingan spesifikasi jet tempur F-16 vs F-35A Amerika Serikat (AS) menarik dipahami. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Perbandingan spesifikasi jet tempur F-16 vs F-35A Amerika Serikat (AS) menarik diulas. Keduanya sama-sama menjadi persenjataan andalan Negeri Paman Sam di sektor udaranya.

Baru-baru ini, Amerika Serikat (AS) berencana melipatgandakan kekuatan udara di Pasifik untuk menghadapi potensi konflik dengan China. Salah satu langkah yang dilakukan adalah mengganti armada 36 unit pesawat F-16 Fighting Falcon di Jepang dengan 48 unit jet tempur siluman F-35A.

Lebih jauh, seperti apa perbandingan antara jet tempur F-16 dengan F-35A milik Amerika Serikat? Berikut ulasannya.

Perbandingan Spesifikasi Jet Tempur F-16 vs F-35A

1. F-16
Cek Perbandingan Spesifikasi Jet Tempur F-16 vs F-35A, Layak Diganti?

F-16 Fighting Falcon merupakan jet tempur multi peran supersonik bermesin tunggal Amerika Serikat. Tak hanya kemampuan manuvernya, jet tempur ini cukup andal ketika digunakan untuk pertempuran udara atau mendukung serangan darat.

Mengutip Air Force, F-16 dapat mencapai jangkauan lebih dari 500 mil ketika dioperasikan. Selain itu, jet tempur ini juga mampu menyerang target dengan senjata akurasi tinggi dan mempertahankan diri dari serangan musuh.

Melihat ke belakang, F16A digunakan secara operasional pertama kali pada Januari 1979. Setelahnya, jet tempur itu terus mengeluarkan banyak varian baru yang terus dipakai sampai sekarang.

Membawakan mesin Pratt & Whitney F100-PW-200, F-16 dibekali berbagai senjata mumpuni. Misalnya, Canon M-61A1 20mm serta sejumlah cantelan eksternal yang bisa disematkan rudal udara atau amunisi lainnya.

Kemudian, jet tempur ini juga memiliki sejumlah fitur istimewa. Contohnya sistem avionik yang membantu pilot dan awak melakukan proses navigasi akurat, radio UHF dan VHF plus untuk sistem pendaratan hingga sistem peringatan dan pod penanggulangan modular untuk melawan ancaman.

2. F-35A
Cek Perbandingan Spesifikasi Jet Tempur F-16 vs F-35A, Layak Diganti?

F-35A merupakan pesawat tempur generasi kelima terbaru Angkatan Udara Amerika Serikat. Pengembangannya dulu memang ditujukan untuk menggantikan armada tua F-16 Fighting Falcons dan A-10 Thunderbolt II.

Bersama kinerja aerodinamis dan avionik terintegrasi yang canggih, F-35A akan menjadi jet tempur siluman generasi berikutnya. Paket sensornya pun canggih karena dirancang untuk mengumpulkan, menggabungkan, dan mendistribusikan lebih banyak informasi daripada pesawat tempur sebelumnya.

Pada dapur pacunya, F-35A membawakan mesin Pratt & Whitney F135. Bekal tersebut membuatnya mencapai kecepatan hingga Mach 1,6 atau sekitar 1.200 mph.



Beralih ke persenjataan, jet tempur ini dapat membawa beragam senjata, baik secara internal atau eksternal sesuai misinya. Misal, seperti AIM-120 AMRAAM , AIM-132 ASRAAM , JDAM, JSOW, Brimstone, WCMD, MBDA Meteor, dan beberapa rudal lainnya.

Lebih jauh, F-35 dirancang untuk mencapai tingkat keandalan dan pemeliharaan yang belum pernah dimiliki AS sebelumnya. Harapannya, jet tempur ini bisa menjadi senjata udara multi peran tercanggih di dunia.

Itulah perbandingan jet tempur F-16 vs F-35A milik Amerika Serikat yangbisadiketahui.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2393 seconds (0.1#10.140)