5 Negara yang Telah Menggunakan Pesawat Tempur Rafale, Indonesia Menyusul?

Kamis, 18 Januari 2024 - 18:53 WIB
loading...
5 Negara yang Telah Menggunakan Pesawat Tempur Rafale, Indonesia Menyusul?
5 Negara yang Telah Menggunakan Pesawat Tempur Rafale. FOTO/ FINANCIAL TIMES
A A A
BEIJING - Pesawat tempur Rafale telah digunakan berbagai negara di dunia. Dari sekian nama, Indonesia juga bakal segera menyusul dalam beberapa waktu mendatang.



Rafale merupakan pesawat tempur twin-jet produksi Dassault Aviation. Jet tempur ini memiliki kemampuan serba bisa yang nantinya berguna untuk melayani beragam misi.

Pada awal 2024 lalu, Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI telah menandatangani kontrak pengadaan jet tempur Rafale tahap ketiga sebanyak 18 unit. Jika ditotal, pengadaan pesawat tempur Rafale oleh Indonesia sudah berjumlah 42 unit dan akan mulai dikirim beberapa tahun mendatang.

Sebelum Indonesia, telah banyak negara-negara lain di dunia yang lebih dulu mengoperasikan pesawat tempur Rafale ini? Siapa saja?

Negara yang Menggunakan Pesawat Tempur Rafale


1. Prancis

Prancis menjadi pengguna Dassault Rafale terbanyak di dunia. Hal ini cukup lumrah mengingat jet tempur tersebut diproduksi oleh Dassault Aviation yang juga berlokasi di Prancis.

Pada awal perancangannya, Rafale sebenarnya memang dikembangkan secara khusus untuk Angkatan Laut dan Angkatan Udara Prancis. Namun, pada perkembangannya mulai banyak negara-negara lain yang tertarik dan ikut membelinya.

Mengutip laman resmi Dassault Aviation, Badan Pengadaan Pertahanan Prancis (DGA) kembali memesan jet tempur Rafale pada Desember 2023 lalu. Waktu itu, mereka memesan sekitar 42 unit.

Sepanjang riwayatnya, Prancis telah memesan jet tempur Rafale setidaknya sebanyak lima edisi. Masing-masing adalah 13 unit tahun 1993, 48 unit tahun 1999, 59 unit tahun 2004, 60 unit tahun 2009, serta terbaru 42 unit tahun 2023 lalu.

2. Mesir
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3188 seconds (0.1#10.140)