Mahkluk Terakhir yang Hidup di Bumi, Ini Kandidatnya?

Jum'at, 12 Juli 2024 - 20:45 WIB
Misalnya, asteroid yang menabrak Bumi dapat memusnahkan sebagian besar spesies, tetapi secara tidak sengaja meninggalkan satu spesies yang kebetulan berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat.

Oleh karena itu, tidak mungkin untuk memprediksi dengan pasti hewan apa yang akan menjadi yang terakhir di Bumi.

Namun, dengan mempelajari sejarah kehidupan di Bumi dan ancaman yang dihadapi saat ini, kita dapat membuat beberapa prediksi yang beralasan tentang siapa yang mungkin memiliki peluang terbaik untuk bertahan hidup di masa depan yang jauh.

===================
Kondisi Bumi 250 Juta Tahun Lagi Sangat Mencekam, Ini Faktanya

LONDON - Bumi telah melalui transformasi luar biasa selama 4,5 miliar tahun keberadaannya. Dari bola magma cair yang berputar, mendingin menjadi lempeng tektonik, hingga dihiasi benua super dan keanekaragaman hayati yang kaya.

Namun, meskipun masih muda dalam skala kosmik, dengan sepertiga usianya baru terlewati, Bumi tampaknya tidak akan memberikan masa depan yang cerah bagi manusia.

Penelitian terbaru yang menggunakan simulasi superkomputer untuk memprediksi iklim selama 250 juta tahun ke depan, menunjukkan skenario yang mencekam.

Bumi di masa depan akan kembali didominasi oleh benua super, dan sayangnya, kondisi ini diprediksi tidak dapat dihuni oleh mamalia, termasuk manusia.

"Masa depan tampak sangat suram," kata Alexander Farnsworth, Peneliti Senior di Cabot Institute for the Environment di Universitas Bristol dan penulis utama studi tersebut.

"Tingkat karbon dioksida bisa dua kali lipat dari saat ini," jelasnya.