Astronom Temukan Planet Mematikan dengan Bau seperti Telur Busuk

Jum'at, 12 Juli 2024 - 23:02 WIB
Astronom Temukan Planet...
Planet mematikan dengan bau seperti telur busuk ditemukan. FOTO/ EARTH
PARIS - Sekelompok astronom menemukan planet ekstrasurya yang memiliki bau tidak sedap seperti telur busuk. Planet ini bernama HD 189733 b, raksasa gas yang mengorbit bintang yang relatif dekat dengan tata surya kita.

Seperti dilansir dari Earth, para ilmuwan menduga bahwa bau busuk tersebut berasal dari hidrogen sulfida, gas yang berlimpah di atmosfer planet.

Hidrogen sulfida terkenal dengan bau telur busuk yang menyengat, dan jika kita berada di HD 189733 b, kemungkinan besar hidung kita akan diserang bau tidak sedap ini.

Selain baunya yang tidak sedap, HD 189733 b juga merupakan planet yang sangat tidak ramah. Planet ini memiliki suhu yang sangat panas, jauh lebih panas daripada Jupiter, dan sering dilanda badai kaca yang dahsyat.

Meskipun HD 189733 b bukan tempat yang ingin kita kunjungi, penemuan planet ini membantu para ilmuwan untuk lebih memahami keragaman planet di alam semesta.

Dengan mempelajari atmosfer dan komposisi planet ini, para ilmuwan dapat memperoleh wawasan baru tentang bagaimana planet terbentuk dan berevolusi.

Penemuan HD 189733 b adalah pengingat bahwa alam semesta penuh dengan tempat-tempat yang aneh dan indah, dan masih banyak hal yang belum kita ketahui tentang planet-planet di luar sana.