Mengenal The Good Jesus, Kapal Berisi Ribuan Koin Emas yang Ditemukan di Gurun Afrika

Rabu, 17 Juli 2024 - 11:00 WIB
loading...
A A A
Tim juga menemukan senapan yang diperkirakan berusia 500 tahun serta potongan logam yang menunjukkan bangkai kapal terkubur di pasir. Ditemukan juga kompas, pedang, alat astronomi, meriam, dan bahkan kapsul waktu.

Meskipun sedikit yang diketahui tentang sejarah The Good Jesus, diperkirakan kapal itu adalah bagian dari kelas kapal perang yang lebih besar, lebih efisien, dan lebih tahan lama dibandingkan kapal Portugis dan Spanyol sebelumnya untuk memfasilitasi ekspedisi jarak jauh.

Berdasarkan isi bangkai kapal tersebut, Dr. Noli dan para ilmuwan lainnya meyakini kapal tersebut sedang dalam perjalanan ke India Barat dari pelabuhan asalnya di Lisbon sekitar ujung selatan Afrika, rute umum untuk kapal Portugis sejenis selama ini yang membawa muatan yang sama.

Saat ini, The Good Jesus adalah kapal karam tertua dan paling berharga yang pernah ditemukan di lepas pantai barat Afrika Sub-Sahara. Daerah tempat kapal ditemukan disebut Sperrgebiet atau wilayah terlarang.

Sisa-sisa kapal karam tersebut tetap dilindungi oleh keamanan pertambangan, dengan jumlah terbatas yang diizinkan masuk ke lokasi. Ide untuk dijadikan museum telah diusulkan tetapi akan terwujud atau tidak, masih belum diketahui.
(msf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1773 seconds (0.1#10.140)