Inilah Tempat Terkering di Dunia, 500 Tahun Tanpa Setetes Air Hujan

Senin, 07 Oktober 2024 - 09:05 WIB
loading...
Inilah Tempat Terkering...
Gurun Atacama di Chili ditahbiskan sebagai tempat terkering di Bumi. Foto/AZ Animals
A A A
JAKARTA - Gurun Atacama di utara Chili ditahbiskan sebagai tempat terkering di Bumi . Tercatat selama 500 tahun terakhir tidak ada hujan yang turun di wilayah yang membentang sepanjang 1.593 Km di sebelah barat Pegunungan Andes ini.

Penyebab gersangnya gurun ini lantaran pegunungan di sekitarnya di timur dan barat menghalangi semua badai yang datang dari Pasifik atau barat daya dari Amazon. Ini hanyalah salah satu fenomena yang membuat daerah ini begitu gersang.

Fenomena cuaca yang disebut antisiklon Pasifik bertiup ke utara dari kutub selatan. Hal ini terdiri dari udara kering dan dingin. Arus laut Humboldt menjaga daerah ini agar tidak menjadi lembab. Hal ini menciptakan gurun yang tidak memiliki hujan dan di mana air menguap dengan cepat.

Dilansir dari AZ Animals, Senin (7/10/2024) hujan turun untuk pertama kalinya dalam 500 tahun di gurun Atacama pada 25 Maret 2015, di inti gurun. Hujan turun lagi pada 9 Agustus tahun yang sama dan pada 7 Juni 2017, di inti gurun.



Turunnya hujan di inti gurun Atacama karena perubahan sistem cuaca di atas Samudra Pasifik. Sistem cuaca ini berubah sebagai respons terhadap perubahan iklim. Sementara daerah di luar inti gurun menerima curah hujan sekitar sekali setiap dekade.

Namun hujan ternyata tidak membuat perkembangan kehidupan di inti gurun. Sebaliknya, hujan menghancurkan mikroba dalam lingkungan yang sangat kering. Mikroba ini beradaptasi dengan suhu tinggi, tekanan osmotik, nutrisi rendah, air rendah, dan radiasi UV.



Ketika lingkungan yang mereka adaptasi menjadi jenuh dengan air, mikroba mengalami tekanan osmotik yang begitu besar sehingga meledak. Mikroba ini adalah satu-satunya kehidupan di inti, dan hampir semuanya mati. Hanya empat spesies mikroba yang bertahan hidup di laguna yang terbentuk ketika ada 16 yang ada sebelum hujan.

Inti gurun ini digambarkan sebagai hiperarid dan ini adalah satu-satunya bagian yang belum menerima hujan dalam 500 tahun. Bagian lain dari gurun menerima curah hujan minimal kurang dari 0,03 inci.

Selain gurun Atacama, Lembah Kering McMurdo di Antartika juga menjadi tempat terkering di planet ini. Tidak ada hujan di sana selama lebih dari 2 juta tahun. Namun gurun kutub berbeda dengan sebagian besar gurun di dunia, sehingga gurun terkering yang sebenarnya di dunia adalah Gurun Atacama.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1755 seconds (0.1#10.140)