Emas Batangan Senilai Rp40,5 Miliar Ditemukan di Tank Bekas

Senin, 22 Juli 2024 - 08:00 WIB
loading...
Emas Batangan Senilai...
Lima batang emas ditemukan di dalam tangki diesel tank Type 69 eks tentara Irak senilai Rp40,5 miliar. Foto/Greek Reporter
A A A
AMERIKA - Seorang kolektor barang militer membeli satu unit tank. Tak disangka ia menemukan emas batangan.

Nick Mead menemukan lima batang emas yang disimpan di dalam tangki diesel tank Type 69 eks tentara Irak pada 2017. Diperkirakan nilai emas dalam tank buatan China, tiruan tipe dari Soviet T-55 itu senilai 2,5 juta dollar AS atau setara Rp 40,5 miliar.

“Ketika menemukan batangan emas itu, kami tidak tahu apa yang harus dilakukan. Jadi kami memanggil polisi," kata Mead dilansir Greek Reporter, Senin (22/7/2024).

Ia memperkirakan emas tersebut dijarah oleh tentara Irak selama invasi Kuwait pada 1990. Keberadaannya pun terlupakan di dalam tank seberat 36,7 ton tersebut.

Saat ini, pria pemilik peternakan di Inggris itu menyesal menyerahkan emas yang ditemukan di tank yang dibelinya via eBay. "Saya menyesal menyerahkannya. Saya seharusnya mendapatkan biaya penemuan, tetapi saya tidak mendapatkan apa-apa sama sekali," kata pemilik wahana Tanks-a-Lot ini.



Ia pun meyakini asal usul emas batangan tadi lambat laun bakal terbongkar. "Emas memiliki sidik jari. Mereka tahu di mana itu ditambang. Itu pasti dicuri dari Kuwait. Saat itu ada banyak teori konspirasi yang mengklaim kami telah menyimpannya. Tapi saya tidak punya uang untuk itu," ujarnya.

Mead mengaku tidak yakin apa yang terjadi dengan emas tersebut saat ini. Ia masih percaya pihak berwenang masih mencoba melacak pemilik emas.

Sejarah pasti dari tank tersebut tidak diketahui tetapi pemeriksaan mengungkapkan tank itu dibuat pada awal 1980an dan baru menempuh jarak 2.425 kilometer. Kendaraan itu pertama kali dibeli oleh seorang montir otodidak yang memperbaiki tank militer itu selama tujuh tahun, lalu dijual kembali di eBay.

Sepanjang sejarah, batangan emas telah ditemukan di beberapa tempat yang tidak terduga dan menarik, menambah daya tarik dan misteri logam mulia ini.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2534 seconds (0.1#10.140)