Mencari Partikel Tuhan, Ilmuwan Barat Habiskan Waktu 40 Tahun

Selasa, 23 Juli 2024 - 12:52 WIB
Mencari Partikel Tuhan,...
Fenomena aneh yang diklaim sebagai partikel Tuhan. FOTO/ DAILY
BERLIN - Fisikawan pernah menyebut Higgs Boson sebagai " partikel Tuhan" - partikel yang sangat sulit dipahami sehingga membutuhkan waktu hampir 40 tahun dan mesin senilai USD4,75 miliar untuk menemukannya.

Penemuan ini diharapkan dapat menutup satu bab dalam fisika dan membuka bab baru. Namun, ada kemungkinan Higgs Boson bukanlah jendela menuju era baru ilmu pengetahuan.

Para fisikawan dari Akademi Ilmu Pengetahuan Polandia, Institut Fisika Max-Planck, dan Universitas RWTH Aachen di Jerman telah memasukkan koreksi yang sebelumnya diabaikan ke dalam model penciptaan Higgs Boson berbasis data. Hasilnya, mereka tidak menemukan bukti adanya hukum "tersembunyi" yang mengintai dalam bayangan partikel tersebut.

"Oleh karena itu, tampaknya tidak ada tanda-tanda fisika baru yang terlihat dalam mekanisme yang bertanggung jawab atas pembentukan boson Higgs yang sedang kami selidiki - setidaknya untuk saat ini," kata Rene Poncelet, fisikawan di Institut Fisika Nuklir Henryk Niewodniczański di Polandia seperti dilansir dari Science Alert

Paruh pertama abad ke-20 tidak hanya mengubah cara kita melakukan fisika, tetapi juga cara kita memandang alam semesta.

Selama beberapa dekade singkat, para ilmuwan beralih dari memperdebatkan keberadaan atom menjadi menggambarkan kumpulan partikel subatom yang diatur oleh hukum probabilitas non-intuitif.

Pada tahun 1960-an, terlihat jelas bahwa ada anomali yang mencolok dalam kumpulan ini - sebuah bidang hipotetis yang seharusnya bertanggung jawab untuk memberikan massa pada partikel fundamental lainnya.

Penemuan Higgs Boson pada tahun 2012 dianggap sebagai konfirmasi besar dari Model Standar fisika partikel. Namun, beberapa ilmuwan percaya bahwa Higgs Boson mungkin lebih dari sekadar partikel yang memberikan massa.

Mereka berharap Higgs Boson dapat menjadi kunci untuk membuka dunia fisika baru, yang mencakup dimensi ekstra, partikel supersimetris, dan gravitasi kuantum.