Tablet Berusia 3.500 Tahun Ditemukan, Isinya Daftar Belanja

Kamis, 25 Juli 2024 - 07:02 WIB
loading...
Tablet Berusia 3.500...
Tablet Berusia 3.500 Tahun Ditemukan,. FOTO/ DAILY
A A A
KAIRO - Penemuan luar biasa ini membuka babak baru dalam pemahaman kita tentang peradaban kuno. Tablet cuneiform berusia 3.500 tahun yang ditemukan di Turki selatan ini memang menyimpan segudang informasi berharga.



Seperti dilansir dari IFL Science, terbuat dari tanah liat yang lunak, kemudian dikeringkan atau dibakar. Sistem penulisan yang menggunakan tanda-tanda berbentuk baji. Tanda-tanda ini ditekan ke dalam tanah liat yang masih basah menggunakan alat tulis berbentuk segitiga.

Tablet ini memberikan bukti konkret tentang adanya sistem ekonomi yang sudah sangat maju pada masa itu. Transaksi pembelian dalam skala besar menunjukkan adanya perdagangan yang aktif dan kelas menengah yang memiliki daya beli.

Selain aspek ekonomi, tablet ini juga memberikan gambaran tentang kehidupan sehari-hari masyarakat pada masa itu. Jenis furnitur yang dibeli, jumlahnya, dan bahasa yang digunakan dalam transaksi memberikan petunjuk tentang preferensi, gaya hidup, dan tingkat sosial masyarakat.

Penemuan ini semakin memperkuat posisi bahasa Akkadia sebagai bahasa internasional pada masa itu. Penggunaan bahasa Akkadia dalam transaksi komersial menunjukkan betapa pentingnya bahasa ini dalam memfasilitasi perdagangan dan komunikasi antarbudaya.

Tablet ini menjadi sumber data primer yang sangat berharga bagi para sejarawan untuk mempelajari sejarah kuno Mesopotamia, khususnya mengenai perkembangan ekonomi, sosial, dan budaya pada masa itu.

Secara keseluruhan, penemuan ini merupakan sebuah pencapaian besar dalam dunia arkeologi dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pemahaman kita tentang peradaban kuno.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)