Arkeolog Temukan Pot Penuh Koin Emas di Turki

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 09:26 WIB
loading...
Arkeolog Temukan Pot...
Koin emas dengan gambar sosok pemanah yang ditemukan di Turki. Foto/Universitas Michigan
A A A
TURKI - Para arkeolog menemukan harta karun berupa pot yang penuh berisi koin- koin emas Yunani kuno di Turki . Koin-koin tersebut ditemukan di dalam ruangan di bawah sebuah rumah di Notion, kota Yunani kuno di Turki bagian barat.

Koin-koin tersebut menampilkan sosok pemanah yang berlutut, sebuah elemen desain yang digunakan untuk daric Persia dan dikeluarkan oleh Kekaisaran Persia. Para peneliti dari Universitas Michigan meyakini uang tersebut kemungkinan dicetak di Sardis, yang terletak sekitar 97 kilometer di timur laut Notion.

Para peneliti menduga para tentara bayaran menggunakan simpanan itu sebagai alat pembayaran, tetapi tidak jelas mengapa mereka menguburnya.

"Penemuan-penemuan yang berharga seperti itu dalam penggalian arkeologi yang terkontrol sangat jarang terjadi," kata Christopher Ratté, profesor seni dan arkeologi Mediterania kuno di Universitas Michigan dan direktur Notion Archaeological Survey, proyek yang memimpin penemuan koin tersebut, dilansir dari Live Science.



"Tidak ada yang pernah mengubur simpanan koin, terutama koin logam mulia, tanpa berniat mengambilnya kembali. Jadi hanya nasib buruk yang dapat menjelaskan harta karun semacam itu."

Beberapa petunjuk menunjukkan koin-koin tersebut dicetak pada suatu kurun waktu selama abad ke-5 SM. Para arkeolog menggunakan metode cap waktu untuk membantu mengungkap urutan peristiwa yang menyebabkan penguburan harta karun tersebut.

"Simpanan ini akan memberikan tanggal pasti yang dapat berfungsi sebagai jangkar untuk membantu memperbaiki kronologi (seluruh rangkaian koin)," kata Ratté. "Menurut sejarawan Yunani Xenophon, satu daric setara dengan gaji seorang prajurit selama satu bulan."



Dalam beberapa tahun terakhir, situs ini telah menjadi tempat yang populer untuk penemuan artefak, termasuk pecahan tembikar, juga dari abad ke-5 SM, tersembunyi "di dinding yang lebih awal yang dimasukkan ke dalam fondasi rumah", yang berasal dari periode Hellenistik.

Periode Hellenistik terjadi setelah kematian Alexander the Great pada tahun 323 SM dan berlangsung hingga penaklukan kerajaan Hellenistik terakhir oleh Roma pada tahun 31 SM. Selama abad ke-6 SM, Notion digabungkan ke dalam Kekaisaran Persia bersama dengan kota-kota Yunani lainnya. Pada awal abad ke-5 SM, ia dibebaskan dari kekuasaan Persia untuk sementara waktu, hanya untuk diintegrasikan kembali ke dalam kekaisaran selama abad ke-4 SM.

Antara tahun 430 dan 427 SM, sekelompok simpatisan Persia, serta tentara bayaran Yunani dan barbar, menduduki Notion. Selama waktu itu, jenderal Athena Paches membunuh tentara bayaran pro-Persia, mendorong para simpatisan Persia untuk diusir dari kota ketika orang Athena mengambil alih kendali. Ratté mengatakan peristiwa-peristiwa ini dapat menjelaskan penguburan harta karun ini.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)