Arkeolog Temukan Timbunan Koin Emas, Bukti Ritual Pengikut Pagan

Sabtu, 23 September 2023 - 21:05 WIB
loading...
Arkeolog Temukan Timbunan Koin Emas, Bukti Ritual Pengikut Pagan
Timbunan koin emas ditemukan di sebuah kuil kuno di Norwegia. (Foto: Museum of Cultural History)
A A A
JAKARTA - Sekumpulan arkeolog Universitas Oslo, Norwegia menemukan timbunan koin emas di sebuah kuil kuno. Mereka menduga koin emas tadi alat ritual pengikut kepercayaan Pagan.

Koin tadi terbilang unik karena berbentuk persegi panjang dihiasi motif dan gambar stempel yang menggambarkan seorang pria dan wanita.

Benda-benda tersebut ditemukan di sisa-sisa kuil pagan, di mana penggalian sebelumnya telah menemukan 30 benda emas bercap serupa di sekitarnya selama tiga dekade terakhir.



Sedangkan bangunan kuil berukuran panjang sekitar 15 meter kemungkinan besar digunakan untuk ritual minum bersama. Benda-benda terbaru yang ditemukan di bawah struktur pada tembok dan di lubang tiang yang berdekatan pekan lalu, menunjukkan bahwa benda-benda tersebut ditempatkan sebagai persembahan dalam bentuk pengorbanan atau tindakan keagamaan untuk melindungi bangunan sebelum dibangun.

Menurut para peneliti, benda-benda tersebut berasal dari era Merovingian sekitar tahun 550 M hingga Zaman Viking , dan mungkin merupakan uang kuil untuk masuk ritual.



“Mereka juga dapat ditafsirkan secara ideologis sebagai mewakili nenek moyang mitos atau keturunan kepala suku dan keluarga pertama, dan mungkin berfungsi sebagai otentikasi atas tuntutan kekuasaan-politik dan keputusan yang diambil oleh keluarga penguasa," ujar Nicolai Eckhoff dari Universitas Oslo dikutip dari Heritage Daily, Sabtu (23/9/2023).

Gambar motif pasangan dalam koin tersebut disinyalir mencerminkan mitos hierogami, pernikahan suci antara dewa Frøy dan putri jotun Gerd, atau mungkin digunakan sebagai persembahan saat merayakan pernikahan atau dalam ritual kesuburan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)