Lukisan Rembrandt Lebih Mematikan dari Mona Lisa, Ini Penyebabnya

Minggu, 04 Agustus 2024 - 10:29 WIB
loading...
A A A
Sebagai metode umum, seniman pada masa itu menggunakan zat yang disebut gesso, yang berasal dari plester Paris. Namun, penemuan plumbonacrite mengungkapkan bahwa Da Vinci mungkin menggunakan pigmen timbal putih yang dicampur dengan minyak yang mengandung timbal (II) oksida.

Studi yang dipublikasikan di Journal of American Chemical Society menunjukkan bahwa plumbonacrite adalah tanda paling mencolok dalam sampel tersebut.

Para peneliti menyarankan bahwa Leonardo Da Vinci mungkin berusaha menciptakan cat kental dengan minyak yang mengandung timbal oksida untuk menutupi panel kayu Mona Lisa. Penggunaan timbal (II) oksida ini mungkin juga bertujuan untuk membantu cat yang diaplikasikan di atasnya untuk mengering.

Namun, ketika tim peneliti mencari referensi tentang penggunaan bahan kimia ini dalam tulisan Da Vinci, mereka hanya menemukan referensi ambigu yang kemungkinan terkait dengan plumbonacrite. Hal ini menunjukkan bahwa Da Vinci mungkin telah menggunakan teknik yang jauh lebih maju dari zamannya.
(wbs)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)