Terungkap, Tubuh Manusia Hobbit di Indonesia Ternyata Sangat Mungil

Rabu, 07 Agustus 2024 - 21:00 WIB
loading...
A A A
"Memiliki tubuh besar dan otak besar serta menjadi cerdas bukanlah takdir kita. Semua bergantung pada lingkungan alami, ada berbagai cara evolusi tidak hanya untuk hewan pada umumnya tetapi juga untuk manusia," kata penulis utama studi Yosuke Kaifu. Yosuke Kaifu merupakan paleoantropolog yang terafiliasi dengan Museum Universitas di Universitas Tokyo.



Kumpulan tulang dan gigi hominin yang ditemukan selama penggalian di Mata Menge berasal dari setidaknya empat individu: satu orang dewasa, satu remaja atau dewasa muda, dan dua anak-anak. Semua tulang dan gigi tersebut sangat kecil, dibandingkan dengan manusia modern dan bahkan dibandingkan dengan fosil hobbit yang ditemukan di Gua Liang Bua 21 tahun lalu.

"Pengamatan bahwa semua empat (atau lebih) individu sangat kecil mendukung argumen bahwa ukuran tubuh kecil bukanlah karakter individual tetapi fitur populasi dari hominin Pleistosen Tengah awal di Flores," tulis penulis studi dalam artikel di Nature Communications.

Salah satu tulang yang ditemukan adalah bagian dari tulang humerus atau tulang lengan atas. Pada pandangan pertama, tulang tersebut tampak seperti tulang manusia yang masih berkembang, tetapi para peneliti dengan cepat menyimpulkan bahwa tulang tersebut tidak mungkin berasal dari anak-anak atau remaja meskipun ukurannya kecil.

"Tulang dewasa meninggalkan jejak metabolisme (kami menyebutnya remodelasi untuk tulang) lebih banyak daripada tulang anak-anak," kata Kaifu.

"Kami mendeteksi sinyal yang kuat dari jejak tersebut pada humerus Mata Menge, melalui observasi mikroskopis dari sampel tulang yang dipotong."

Penemuan ini sangat penting karena membantu menetapkan batas atas seberapa tinggi H. floresiensis dewasa kemungkinan tumbuh. Sama pentingnya, ini mengungkapkan bahwa H. floresiensis mencapai ukuran seperti hobbitnya di masa yang sangat jauh ke belakang.

"Fosil Mata Menge yang kami laporkan di sini menunjukkan bahwa ukuran tubuh yang sangat kecil dari Homo floresiensis berkembang dalam 300.000 tahun pertama sejarah mereka di pulau tersebut dan setelah itu ukuran tubuh kecil dipertahankan selama lebih dari 600.000 tahun," kata Kaifu. "Mengapa ini terjadi adalah pertanyaan sulit lainnya."

Wilayah pulau Flores yang hanya seluas 14.250 kilometer persegi memberi batasan pada sumber daya yang tersedia. Hal ini diduga berperan dalam penyusutan bertahap tinggi dan berat H. floresiensis.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1513 seconds (0.1#10.140)