5 Fakta Menarik Manusia Hobbit yang Ditemukan di Indonesia

Senin, 12 Agustus 2024 - 08:12 WIB
5 Fakta Menarik Manusia...
Fosil manusia hobbit bersama alat batu dan sisa-sisa hewan ditemukan pada 2003 di gua Liang Bua di Flores. Foto/Live Science
JAKARTA - Homo floresiensis alias manusia Hobbit benar-benar nyata. Sisa-sisa tulang belulangnya ditemukan di Flores dan beberapa tempat lain di Indonesia. Mereka hidup setidaknya 17.000 tahun lalu dan keberadaannya diyakini masih ada hingga saat ini.

Para ilmuwan menemukan fosil manusia hobbit pertama, bersama alat batu dan sisa-sisa hewan, pada 2003 di gua Liang Bua di Flores. Spesimen pertama ini, wanita dewasa berusia 30 tahun dengan tinggi sekitar 1 meter yang disebut LB1 — terdiri dari tengkorak dan kerangka, serta pelvis parsial.

"Kerangka terkaitnya adalah salah satu hal yang membuat spesimen ini cukup menarik," kata Mark Collard, antropolog biologi di Simon Fraser University di Burnaby, British Columbia. "Kami tidak memiliki banyak kerangka terkait dari hominin selain Neanderthal."

Postur kecil LB1 memberi spesies ini julukan "The hobbit," terinspirasi dari makhluk kecil dalam buku J.R.R. Tolkien yang memiliki nama yang sama.

Selain LB1, para arkeolog juga menemukan sisa-sisa rahang dan kerangka dari setidaknya delapan individu kecil lainnya, menurut artikel tahun 2009 di Journal of Human Evolution. Postur kecil dari spesimen ini menunjukkan LB1 bukanlah sebuah keanehan.

Penanggalan awal dari sisa-sisa hobbit memperkirakan mereka hidup antara 100.000 hingga 60.000 tahun lalu. Namun, tulang dan gigi hobbit yang ditemukan di lokasi terpisah menunjukkan hobbit sudah ada di Flores setidaknya 700.000 tahun lalu.

Bagaimana H. floresiensis berhubungan dengan pohon keluarga hominin — yang mencakup spesies yang berevolusi setelah garis keturunan manusia (dari genus Homo) berpisah dari simpanse — masih belum jelas. Beberapa argumen terbaru menunjukkan spesimen hobbit mungkin berevolusi dari hominin pra-Homo erectus.

Sebenarnya, para ilmuwan berusaha untuk mempelajari lebih lanjut tentang evolusi hobbit ini, mencari petunjuk, misalnya, tentang leluhur hobbit di pulau-pulau Indonesia lainnya.

Dalam studi tahun 2016 di jurnal Nature, para peneliti mencari petunjuk semacam itu di pulau Sulawesi. Di sana, mereka menemukan alat batu yang diperkirakan berusia 118.000 tahun, menunjukkan beberapa spesies hominin hidup di pulau tersebut sebelum manusia modern muncul sekitar 50.000 tahun lalu.

Peneliti studi tersebut, Gerrit van den Bergh, paleontolog dan zooarkeolog di University of Wollongong di New South Wales, Australia, tidak yakin siapa pembuat alat ini, meskipun ada tiga kandidat yang mungkin: hobbits, H. erectus, dan Denisovans, kerabat dekat Neanderthal.

Terlepas dari perdebatan mereka masih ada atau sudah punah, berikut deretan fakta menarik manusia hobbit dilansir dari Live Science, Senin (12/8/2024).

1. Penampilan Fisik

Berdasarkan LB1, para ahli memperkirakan H. floresiensis memiliki berat antara 16 dan 36 kg. Tulang dan gigi yang baru ditemukan di lokasi terpisah di pulau Flores menunjukkan makhluk-makhluk ini mungkin rata-rata lebih pendek, 0,9 meter tingginya.

Spesimen hobbit menunjukkan serangkaian ciri-ciri primitif yang dipertahankan dari spesies leluhur dan ciri-ciri yang telah berevolusi dan tidak dibagi oleh leluhur. Beberapa fitur mirip dengan spesies Homo awal, termasuk dahi datar dan miring serta wajah yang pendek dan datar; namun, gigi dan rahangnya lebih mirip dengan Australopithecus.

Selain itu, dalam studi tahun 2007 di jurnal Science, para peneliti menganalisis secara mendalam tiga tulang pergelangan tangan LB1 dan menemukan tulang-tulang tersebut lebih mirip dengan tulang apes daripada manusia modern.

Pada 2012, Susan Hayes, peneliti di University of Wollongong, dan koleganya merekonstruksi wajah hobbit dengan mengunggah informasi dari pemindaian 3D tengkoraknya ke program grafik komputer. Dibandingkan dengan potret hobbit oleh paleo-artis, gambaran wajah Hayes tentang H. floresiensis menunjukkan fitur manusia modern ketimbang ciri-ciri mirip monyet.

2. Makanan Manusia Hobbit

Ketika para peneliti pertama kali menggali H. floresiensis, mereka juga menemukan alat batu dan sisa-sisa hewan di lapisan sedimen yang sama di gua Liang Bua. Alat-alat tersebut sederhana dan mirip dengan alat Oldowan, yang merupakan jenis alat paling awal dan primitif dalam catatan fosil.

Sisa-sisa hewan tersebut termasuk komodo, tikus, kelelawar, dan anak Stegodon (gajah kerdil yang telah punah). Sisa Stegodon menunjukkan adanya tanda potongan, menunjukkan H. floresiensis menyembelih hewan-hewan tersebut, sementara tulang yang terbakar dan batu yang retak akibat api menunjukkan bahwa hobbit mengendalikan api, menurut makalah Nature tahun 2005.

Di dalam gua Liang Bua, para ilmuwan kemudian menemukan beberapa fosil burung, termasuk tulang sayap dan kaki dari burung bangau besar, menurut studi tahun 2010 di Zoological Journal of the Linnean Society.

3. Manusia hobbit hidup dengan manusia modern

Manusia Hobbit kemungkinan besar tidak hidup berdampingan dengan manusia modern, dan jika mereka melakukannya, tidak lama. Penelitian awal menunjukkan manusia hobbit menghuni gua tersebut antara sekitar 12.000 dan 95.000 tahun lalu, yang akan berarti dua garis keturunan manusia hidup berdampingan, mengingat manusia tiba di Flores sekitar 47.000 tahun lalu.

Namun, studi tahun 2016 di jurnal Nature menganalisis sedimen dan fosil di dalam gua Liang Bua dan menemukan bukti bahwa hobbits menghilang dari pulau itu lebih awal, sekitar 50.000 tahun yang lalu.

4. Apakah Homo floresiensis spesies terpisah?

Hobbit kemungkinan besar merupakan spesies yang terpisah. Namun beberapa ilmuwan berpendapat mereka adalah manusia modern dengan mikrosefali, kondisi patologis yang ditandai dengan kepala kecil (hobbit diperkirakan memiliki otak sekitar sepertiga ukuran otak manusia modern), postur pendek, dan gangguan intelektual.

Setelah membandingkan dimensi otak yang didapat dari cetakan internal tengkorak manusia sehat dan mereka yang memiliki mikrosefali, dengan dimensi otak H. floresiensis yang diperkirakan, para ilmuwan menentukan fitur hobbits lebih mendekati fitur manusia modern ketimbang orang dengan mikrosefali, menurut studi tahun 2007 di jurnal PNAS.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2013 di jurnal Proceedings of the Royal Society B mengungkapkan H. floresiensis memiliki otak berukuran sekitar 426 sentimeter kubik atau sekitar sepertiga ukuran otak manusia modern, yang memiliki volume rata-rata sekitar 1.300 sentimeter kubik.

Temuan ini menunjukkan H. floresiensis mungkin merupakan keturunan dari H. erectus, karena spesimen H. erectus dari Jawa memiliki otak berukuran sekitar 860 sentimeter kubik. Sebagai alternatif, hobbit mungkin berevolusi dari H. habilis, yang otaknya hanya sekitar 600 sentimeter kubik.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan pada 2015 di Proceedings of the Royal Society B, Collard dan rekan-rekannya menyusun dataset yang berisi 380 fitur tengkorak dan gigi dari 20 spesies hominin yang dikenal. Setelah menganalisis dan membandingkan fitur-fitur ini menggunakan model statistik, mereka menyimpulkan bahwa H. floresiensis memang merupakan spesies yang berbeda dan bukan sekadar manusia bertubuh kecil atau mengalami deformasi.

Lebih lanjut, analisis menunjukkan bahwa hobbit adalah keturunan dari hominin bertubuh kecil pra-H. erectus yang bermigrasi keluar dari Afrika dan ke Asia Tenggara.

5. Mengapa Tubuh Manusia Hobbit Kecil

Pada tahun 2024, para arkeolog menemukan gigi berusia 700.000 tahun dan tulang lengan atas parsial di situs Manta Menge. Analisis fosil mengungkapkan H. floresiensis berdiri 6 cm lebih pendek dari yang diperkirakan sebelumnya. Humerus tersebut mungkin adalah yang terkecil yang pernah dilaporkan dari orang dewasa.

Para peneliti dalam studi tersebut menduga bahwa manusia kecil ini mungkin berevolusi menjadi lebih pendek karena lingkungan pulau. Pulau-pulau biasanya kekurangan predator besar, sehingga menjadi besar tidak begitu menguntungkan. Sementara itu, tumbuh lebih besar membutuhkan lebih banyak makanan dan waktu untuk berkembang. Jadi, seleksi alam mungkin telah secara bertahap mengecilkan ukuran manusia hobbit untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.