Spesifikasi Rudal 9-Dey Iran Bikin Israel Tak Berani Asal Serang

Minggu, 18 Agustus 2024 - 15:23 WIB
loading...
Spesifikasi Rudal 9-Dey...
Rudal 9-Dey Iran. FOTO/ TEHERAN POST
A A A
TEHERAN - Rudal 9-Dey adalah salah satu rudal yang dikembangkan oleh Iran, yang diperkirakan merupakan bagian dari upaya Iran untuk memperkuat kemampuan sistem pertahanannya



Sistem 9-Dey mengusung peluncur rudal baru yang dilengkapi dengan dua blok yang berisi empat rudal dalam kontainer yang siap ditembakkan.

9-Dey dirancang untuk mencegat dan menghancurkan berbagai ancaman udara, termasuk jet tempur, drone dan rudal jelajah, dengan jarak tembak dari 5 hingga 30 km dan ketinggian hingga 20 km.

Sistem radar 9-Dey disebut mampu mendeteksi dan menghadapi beberapa ancaman udara secara bersamaan, sehingga memberikan kemampuan peringatan dini dan intersepsi yang kuat. Integrasi dengan sistem pertahanan yang ada, seperti Khordad-15, memungkinkan strategi pertahanan berlapis yang meningkatkan ketahanan dan efektivitas keseluruhan jaringan pertahanan udara Iran.

Sistem hanud 9-Dey didasarkan pada rangka truk militer 6×6 yang sama dengan Sevom Khordad – sistem rudal hanud jarak jauh Iran yang dapat bergerak di jalan raya.
Sevom Khordad

Seperti dikutip Armyrecognition.com. sistem 9-Dey berbeda secara signifikan dari Sevom Khordad, terutama dalam konfigurasi peluncur rudalnya. Sevom Khordad mirip dengan rudal hanud Buk-M2 Rusia yang memiliki tiga rudal yang siap ditembakkan.

Sementara 9-Dey menggunakan desain unik yang terdiri dari dua blok, yang masing-masing dilengkapi dengan empat rudal yang dikemas dalam kontainer.

Hasilnya, total delapan rudal siap dikerahkan pada 9-Dey, yang memberikan daya tembak dan kapasitas yang ditingkatkan untuk operasi berkelanjutan.

Selain itu, sistem 9-Dey mengintegrasikan S-band detection radar mounted di bagian depan stasiun senjata rudal, yang meningkatkan kemampuan akuisisi dan penjebakan target.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)