Begini Cara Kerja HIMARS M142, Sistem Roket Canggih Milik Amerika Serikat

Senin, 19 Agustus 2024 - 18:27 WIB
loading...
Begini Cara Kerja HIMARS...
HIMARS M142 dirancang khusus untuk angkatan bersenjata AS, menggabungkan elemen dari M207 Lockheed Sistem artileri MLRS dan sasis truk FMTV BAE Systems. Foto: ist
A A A
JAKARTA - HIMARS M142 merupakan salah satu sistem peluncur roket atau rudal canggih milik Amerika Serikat yang diciptakan Lockheed Martin.

HIMARS awalnya lahir pada tahun 1980-an untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Darat akan sistem roket peluncuran ganda yang ringan.

HIMARS M142 dirancang khusus untuk angkatan bersenjata AS, menggabungkan elemen dari M207 Lockheed Sistem artileri MLRS dan sasis truk FMTV BAE Systems.

Fokus pengembangan sistem baru ini adalah memaksimalkan mobilitas dan kecepatan, serta supaya sistem terbaru ini dapat diangkut dengan pesawat C-130 Hercules.

Cara Kerja HIMARS M142
Begini Cara Kerja HIMARS M142, Sistem Roket Canggih Milik Amerika Serikat

Setiap unit HIMARS M142 dapat membawa enam roket berpemandu GPS, yang dapat diisi ulang dalam waktu sekitar satu menit dengan hanya awak kecil.

Jangkauan sistem rudal ini bisa mencapai 80 kilometer atau hampir dua kali lipat jangkauan howitzer M777. Sistem M142 HIMARS adalah versi roda-mount yang dimodernisasi, lebih ringan dan lebih gesit dari M270 MLRS.

Begini Cara Kerja HIMARS M142, Sistem Roket Canggih Milik Amerika Serikat

Sistem peluncuran ganda HIMARS dioperasikan oleh tiga awak, yakni seorang komandan, seorang pengemudi, dan seorang penembak. Para kru duduk rapat di dalam kabin kendaraan dengan pengemudi di sebelah kiri dan penembak serta komando bagian di sebelah kanan.

Setiap anggota kru memiliki akses ke sistem komunikasi interkom dan kontrol kendaraan, memungkinkan koordinasi yang efektif selama pengoperasian.

Meskipun sistem ini biasanya membutuhkan tiga awak, sistem pengendalian tembakan berbasis komputer memungkinkan dua awak atau bahkan satu tentara untuk memuat dan membongkar sistem.

Modul pengendalian kebakaran terintegrasi dengan mulus ke dalam kabin, menyediakan peralatan yang diperlukan kru untuk mengoperasikan sistem secara efektif.

Awak yang mengoperasikan HIMARS dapat memuat ulang sistem roket dalam waktu 4 hingga 5 menit dengan bantuan derek terintegrasi. Sistem rudal ini akan dibawa menggunakan truk kendaraan pemasok MTVR MK 37.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1574 seconds (0.1#10.140)