Berapa Harga Berlian Setengah Kilogram yang Ditemukan di Botswana? Ini Estimasinya

Sabtu, 24 Agustus 2024 - 23:00 WIB
loading...
A A A


Botswana, negara dengan 2,6 juta penduduk di Afrika Selatan, adalah produsen berlian alami terbesar kedua setelah Rusia dan telah menemukan semua batu terbesar di dunia dalam beberapa tahun terakhir. Tambang Karowe telah memproduksi empat berlian lain dengan berat lebih dari 1.000 karat dalam dekade terakhir.

Sebelum penemuan ini, berlian Sewelo, yang ditemukan di Tambang Karowe pada tahun 2019, diakui sebagai berlian terbesar kedua yang ditambang di dunia dengan berat 1.758 karat. Berlian ini dibeli oleh rumah mode Prancis Louis Vuitton dengan jumlah yang tidak diungkapkan.

Berlian Lesedi La Rona seberat 1.111 karat, juga dari Tambang Karowe di Botswana, dibeli oleh seorang perajin perhiasan Inggris seharga USD53 juta pada tahun 2017. Berlian lain dari Karowe, The Constellation, dijual dengan rekor harga USD63 juta.

Berlian terbentuk ketika atom karbon dipadatkan di bawah tekanan tinggi jauh di dalam tanah. Para ilmuwan mengatakan sebagian besar berlian berusia setidaknya satu miliar tahun dan beberapa di antaranya lebih dari 3 miliar tahun.
(msf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0769 seconds (0.1#10.140)