China Kuasai Dunia Robot! Robot Humanoid China Siap Gantikan Pekerja Manusia?

Senin, 26 Agustus 2024 - 18:06 WIB
loading...
A A A
Hingga 2022, industri robot humanoid China tetap pada tahap penelitian dasar dan akumulasi teknologi. Robot-robot yang diproduksi masih sangat terbatas, fungsinya pun untuk eksperimen, pameran atau pertunjukan.

Namun, sejak 2023, industri ini memasuki periode terobosan dengan skala industri melonjak menjadi USD549 juta, naik 85,7 persen tahun ke tahun, menurut penelitian tentang perkembangan ekologis industri robot humanoid China yang dikeluarkan tahun ini oleh China Center for Information Industry Development (CCID) di bawah MIIT.

“China memiliki pasar yang cukup besar dan rantai pasokan industri terbaik di dunia, yang sangat kondusif untuk produksi skala besar produk-produk hemat biaya," kata Jiao Jichao, wakil presiden UBTECH.

Data dari Qichacha, platform data bisnis di China, menunjukkan bahwa negara ini sekarang menjadi rumah bagi hampir 720.000 bisnis terkait robot. Di antara mereka, lebih dari 20 perusahaan sekarang memproduksi produk robot humanoid lengkap.



China telah memperoleh keuntungan penggerak pertama di pasar robot humanoid yang pada dasarnya konsisten dengan negara-negara maju, kata Zhong Xinlong, seorang ahli AI di CCID Consulting, sebuah think tankdibawahMIIT.
(dan)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)