Misteri Wabah Hitam yang Menewaskan Setengah Penduduk Dunia Akhirnya Terkuak

Jum'at, 06 September 2024 - 09:25 WIB
loading...
A A A
Asal mula Wabah Hitam telah dikaitkan dengan peristiwa Big Bang keragaman wabah, yang sebelumnya tidak dapat ditentukan tanggalnya secara akurat.

Namun, melalui rekonstruksi genom wabah kuno dari Kirgistan, tim mengidentifikasi galur sumber Wabah Hitam yang tepat dan tanggalnya, yaitu pada tahun 1338.

Asal usul galur yang menyebabkan Wabah Hitam masih menjadi misteri. Para ilmuwan tidak yakin apakah itu berevolusi secara lokal atau menyebar ke wilayah tersebut dari lokasi lain.

Wabah tidak hanya menyerang manusia, karena bakteri tersebut bertahan hidup pada populasi hewan pengerat liar di seluruh dunia.

Menurut Johannes Krause, direktur di Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology dan penulis utama penelitian tersebut, galur modern yang terkait erat dengan galur kuno tersebut dapat ditemukan di reservoir wabah di sekitar pegunungan Tian Shan.

Temuan ini menunjukkan bahwa nenek moyang Wabah Hitam kemungkinan besar berasal dari Asia Tengah, di dekat tempat galur kuno tersebut ditemukan.

Wabah ini disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis dan ditularkan melalui kutu tikus. Dampaknya sangat dahsyat, menyebabkan kematian massal dan perubahan sosial-ekonomi yang signifikan di seluruh benua Eropa.
(wbs)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)