Terpisah Jauh, 2 Danau Terbesar di Tibet Kini Saling Mendekat

Jum'at, 13 September 2024 - 07:59 WIB
loading...
Terpisah Jauh, 2 Danau...
Danau Terbesar di Tibet . FOTO/ IFL Science
A A A
LHASA - Dua danau di Tibet telah mengalami mega metamorfosis, meluap satu sama lain setelah terpisah selama 4.000 tahun.



Danau pedalaman terbesar di negara itu, Siling, meluap ke perairan terdekat lainnya, Bange, sebuah danau garam.

Fenomena ini mungkin memiliki beberapa dampak ekologis dan lingkungan yang signifikan. Misalnya, pencampuran air tawar dari Siling dengan air garam di Bange dapat mempengaruhi salinitas dan ekosistem di kedua danau tersebut.

Ini bisa berdampak pada flora dan fauna yang ada, serta kualitas udara yang mungkin berubah secara drastis.

Menurut laporan SCMP, para ilmuwan yang memantau kedua danau di dataran tinggi Tibet mengatakan bahwa keduanya dapat menyatu.

Kedua danau tersebut berjarak sekitar 6,44 km dan tidak memiliki hubungan hidrologis selama lebih dari 4.000 tahun kemungkinan sejak 8.200 tahun yang lalu ketika permukaan laut naik karena pencairan gletser.

Pada bulan September 2023, Siling meluap ke dasar sungai kuno yang terletak di antara kedua danau tersebut.

Sebuah tim yang dipimpin oleh Lei Yanbin, seorang profesor di Institut Penelitian Dataran Tinggi Tibet di Akademi Ilmu Pengetahuan China, telah menerbitkan sebuah analisis tentang perubahan di Danau Siling. Studi tersebut diterbitkan dalam Science Bulletin yang telah melalui tinjauan sejawat pada bulan Juli.

“Pemantauan waktu nyata dan peringatan dini untuk perubahan permukaan air danau yang kritis diperlukan untuk melindungi jalan, jembatan, dan desa-desa di sekitarnya dari ancaman yang muncul,” katanya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)