Suara Menyeramkan di Palung Mariana Ternyata Berasal dari Mahkluk Ini

Minggu, 22 September 2024 - 23:30 WIB
loading...
A A A
Pada tahun 2016, paus balin besar, seperti paus biru atau paus bungkuk diduga sebagai sumber bunyi biotwang. Namun, suara tersebut tidak sesuai dengan suara paus yang diketahui.

Namun, studi terbaru yang dipublikasikan pada tanggal 18 September mengonfirmasi bahwa suara tersebut berasal dari paus Bryde. Hal ini disimpulkan setelah perangkat kecerdasan buatan (AI) baru memeriksa lebih dari 200.000 jam rekaman audio yang berisi berbagai suara laut.

Hal menarik lain yang ditemukan penelitian ini adalah bahwa bunyi biotwang hanya terdengar di Pasifik barat laut.

Paus Bryde tidak terbatas di wilayah ini, yang menunjukkan bahwa hanya populasi paus tertentu yang mengeluarkan bunyi tersebut.

Paus Bryde dilingkari sebagai tersangka ketika 10 di antaranya terlihat berenang di dekat Kepulauan Mariana. Mereka merekam sembilan di antaranya mengeluarkan suara khas.

"Sekali, itu kebetulan. Dua kali adalah kebetulan. Sembilan kali, itu pasti paus Bryde," kata Allen kepada Scientific American.

Untuk memastikannya, tim mencocokkan kemunculan suara-suara tersebut dengan pola migrasi paus. AI digunakan untuk memeriksa rekaman audio yang diambil oleh stasiun-stasiun pemantauan di Kepulauan Mariana dan daerah-daerah sekitar selama beberapa tahun terakhir.
(wbs)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)