NASA Tangkap Suara Menyeramkan dari Lubang Hitam

Selasa, 24 September 2024 - 08:35 WIB
NASA Tangkap Suara Menyeramkan...
Lubang Hitam atau Black hole. FOTO/ DAILY
NEW YORK - Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional ( NASA ) mengungkapkan suara menakutkan yang terdengar dari lubang hitam.

Lubang hitam terletak 250 juta tahun cahaya dari Bumi. Fenomena tak biasa tersebut berasal dari pusat gugus galaksi Perseus.

Suara itu terdeteksi pada tahun 2003, pada awalnya suara tersebut memiliki dengungan tersendiri namun memikat hati para astronom.

Dalam upaya agar frekuensi tersebut dapat diakses oleh telinga manusia, NASA mengubah gelombang akustik tersebut menjadi 57 dan 58 oktaf.

“Sulit untuk mendengarnya pada nada saat ini karena ini adalah salah satu nada terendah yang pernah terdeteksi oleh manusia di alam semesta. Jauh di bawah batas pendengaran manusia.

“Seperti beberapa gelombang lain yang terekam dari luar angkasa, akibat dari gelombang ini juga menakutkan,” kata NASA dalam pernyataannya.

Sebuah studi baru telah mengungkapkan bagaimana beberapa lubang hitam memancarkan denyut sinar-X yang berirama, seperti detak jantung, saat mereka melahap gas dari bintang pendampingnya.

Para astronom menyebut fenomena ini sebagai "suar detak jantung". Sejauh ini ada dua lubang hitam yang berdenyut.

Para peneliti percaya bahwa denyut ini disebabkan oleh interaksi dan ketidakstabilan dalam materi yang mengelilingi lubang hitam. Saat materi jatuh ke dalam lubang hitam, ia membentuk cakram tipis yang berputar cepat.

Tepi bagian dalam cakram ini miring ke bawah menuju horizon peristiwa lubang hitam, sementara sisa cakram bersinar dalam radiasi sinar-X.

Untuk memicu detak jantung, cakram untuk sementara terfragmentasi, kehilangan kohesinya dan mengirim gumpalan besar material ke bawah menuju lubang hitam. Ini melepaskan sejumlah besar radiasi, yang memulai denyut detak jantung.

Radiasi kemudian memanaskan gas, yang untuk sementara mencegahnya jatuh. Kemudian gas mengendap sebelum proses berulang, menyiapkan panggung untuk detak jantung lainnya.