Kehebatan Rudal Balistik DF-31 China, Bikin Amerika Ketar-ketir

Sabtu, 28 September 2024 - 16:00 WIB
loading...
Kehebatan Rudal Balistik...
Rudal balistik DF-31 China menghadirkan ancaman nyata karena mampu mencapai wilayah Amerika Serikat. Foto/SCMP
A A A
JAKARTA - China sukses membuat kejutan setelah berhasil melakukan uji coba peluncuran rudal balistik antarbenua DF-31. Rudal ini terbukti mampu menempuh jarak 12.000 Km dari lokasi peluncurannya di Hainan.

Dengan jangkauan ini, DF-31 menghadirkan ancaman nyata bagi Amerika Serikat karena mampu mencapai wilayah sekutu Taiwan tersebut. Beijing memang tidak secara spesifik menyebutkan jenis rudal yang digunakan, tetapi berdasarkan foto-foto yang dirilis sehari setelah tes, analis militer menyimpulkan bahwa itu adalah varian dari Dong Feng-31 (DF-31).

Dilansir dari South China Morning Post, Sabtu (28/9/2024) DF-31 yang berarti Angin Timur-31 adalah salah satu dari tiga jenis ICBM Tentara Pembebasan Rakyat. Rudal lainnya adalah DF-5, yang pertama kali beroperasi pada awal 1970-an, dan DF-41 yang lebih modern.

DF-31, yang pertama kali diproduksi pada tahun 2006, variannya dapat membawa satu hulu ledak atau muatan yang membawa tiga atau empat hulu ledak lebih kecil yang dapat dilepaskan untuk menyerang beberapa target.



Uji coba peluncuran pada Rabu kemarin membuktikan rudal DF-31 dengan hulu ledak dummy mampu menempuh jarak 12.000 Km dari Hainan, melewati dekat Filipina dan Guam dan mendarat di Pasifik dekat wilayah Prancis Kepulauan Marquesas.

Peluncuran ini adalah kali pertama China dalam 44 tahun menguji ICBM di luar wilayah udaranya sendiri. "Meskipun DF-31 dapat mencapai tingkat rudal balistik antarbenua, ia belum pernah menjalani tes peluncuran jarak penuh, sehingga eksperimen ini diperlukan," kata Fu Qianshao, mantan spesialis peralatan Tentara Pembebasan Rakyat.

Rudal ini memiliki dua varian - DF-31A dan DF-31AG - dengan jangkauan hingga 13.200 Km, menempatkan daratan AS dalam jangkauan. Varian DF-31AG memiliki platform peluncuran mobil yang dirancang untuk bergerak melintasi medan berat, meningkatkan mobilitasnya dan memungkinkan China menyebarkan hulu ledaknya dan membuatnya lebih sulit bagi musuh untuk menghancurkannya.



"DF-31 AG adalah rudal mobil jalanan dan sebenarnya adalah sistem 'mobil off-road' - tidak seperti DF-41 yang terbatas pada jaringan jalan, dan memiliki beberapa hulu ledak," kata Malcolm Davis, analis senior di Australian Strategic Policy Institute.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)