Penjual Barang Bekas Temukan Lukisan Picasso, Bernilai Rp103 Miliar

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 21:16 WIB
loading...
Penjual Barang Bekas...
Lukisan Picasso selama beberapa dekade disembunyikan karena istri penjual barang bekas membencinya. Foto/Al Bawaba
A A A
JAKARTA - Seorang penjual barang bekas di Italia menemukan lukisan cat minyak di tempat sampah. Diduga lukisan tersebut karya Picasso yang bernilai Rp 103 miliar.

Pria bernama Luigi Lo Rosso itu pun menjadi berita utama. Al Bawaba melansir, Jumat (4/10/2024) Rosso menemukan lukisan minyak tersebut saat mencari sebuah vila pada 1962. Ia pun menyimpan lukisan tadi di sebuah brankas di Milan, Italia sejak 2019.

Dia menyembunyikan lukisan itu selama beberapa dekade karena sang istri membencinya. Saat mencari di ruang bawah tanah vila, Rosso menemukan dua lukisan tetapi hanya satu yang memiliki tanda tangan Picasso. Dia kemudian membingkainya dan menghadiahkannya kepada istrinya meskipun dia tidak tahu bahwa itu milik seorang pelukis terkenal.



Karya seni tersebut ternyata melukiskan penyair Prancis Dora Maar yang pernah menjadi selingkuhan Picasso. Obyek lukisan tampak mengenakan gaun biru dengan lipstik merah.



Keluarga Rosso meminta bantuan Arcadia Foundation Italia yang profesional dalam merestorasi karya seni dan menangani penilaian. Bulan lalu, Dr. Cinzia Altieri yang menjadi grafolog untuk pengadilan warisan di Milan menyatakan bahwa lukisan tersebut memang milik Picasso.



Jika lukisan tersebut diverifikasi sebagai karya seni asli oleh Picasso Foundation, harganya akan mengalami lonjakan signifikan. Menurut Robb Report, sebuah lukisan Picasso dijual seharga Rp1,5 triliun dalam sebuah acara pada 2016, sekaligus menjadikannya harga tertinggi untuk sebuah karya seni dalam lelang.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)