Mikroba Berusia Miliaran Tahun Ditemukan di dalam Batu

Senin, 07 Oktober 2024 - 17:02 WIB
Para ilmuwan mengatakan bahwa habitat mereka kemungkinan telah membantu mereka hidup lebih lama daripada bentuk kehidupan lain di Bumi.

Terletak di timur laut Afrika Selatan, Bushveld Igneous Complex (BIC) berada di wilayah seluas sekitar 41.000 mil persegi yang dikenal dengan endapan bijih yang kaya. Kompleks ini juga diperkirakan memiliki 70 persen dari semua platinum yang ditambang.

Magma vulkanik mendingin miliaran tahun lalu di bawah permukaan Bumi di wilayah setebal 5,6 mil. Wilayah ini tidak berubah sejak saat itu, tetapi memiliki celah-celah kecil tempat kehidupan mikroba berkumpul dengan rapat.

Kemudian, endapan tanah liat menutup celah-celah tersebut dan menjebak organisme kecil di dalamnya. Tidak ada yang bisa masuk karena hal ini.

Hal ini membantu kehidupan mikroba untuk terus stabil pada kecepatan yang sangat lambat tanpa menyaksikan perubahan evolusi apa pun.