3 Kelebihan Orang Yahudi dari Sisi Kecerdasan dan Genetik

Rabu, 09 Oktober 2024 - 07:08 WIB
loading...
3 Kelebihan Orang Yahudi...
Yahudi yang hanya berjumlah kurang dari 3% dari populasi justru merupakan 62 dari 200 pemenang Hadiah Nobel untuk sains, sastra, dan ekonomi. Foto: Reuters
A A A
ISRAEL - Orang Yahudi telah dikenal sebagai salah satu kelompok etnis paling sukses dalam hal kecerdasan. Bahkan banyak teori menyebutkan dimana setiap Yahudi akan selalu menunjukkan prestasi dalam berbagai hal dimanapun mereka berada.

Kecerdasan orang Yahudi ini dibuktikan dari data populasi AS di abad ke-20. Dimana Yahudi yang hanya berjumlah kurang dari 3% dari populasi justru merupakan 62 dari 200 pemenang Hadiah Nobel untuk sains, sastra, dan ekonomi, dan 32% dari 400 orang Amerika terkaya versi Forbes tahun 2009.

Lantas apakah memang benar jika orang Yahudi memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dari ras lain? Pertanyaan ini telah menciptakan cukup banyak penelitian yang membuktikan jika umat Yahudi memang memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.

Membuat kecerdasan seakan menjadi sifat khusus milik orang Yahudi. Berikut ini beberapa kelebihan mereka baik dari sisi kecerdasan maupun genetik.

3 Kelebihan Orang Yahudi dari Sisi Kecerdasan dan Genetik

1. Memiliki Kecerdasan Verbal Lebih Tinggi

Dalam jurnal "The intelligence of American Jews" karya Richard Lynn, disebutkan jika orang Yahudi memiliki tingkat kecerdasan verbal rata-rata yang lebih tinggi daripada orang kulit putih non-Yahudi.

Teori ini dipertimbangkan dengan memeriksa skor kosakata orang Yahudi, orang kulit putih non-Yahudi, orang kulit hitam, dan lainnya yang diperoleh dalam Survei Sosial Umum Amerika yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Opini Nasional pada tahun 1990–1996.

Orang Yahudi memperoleh skor kosakata rata-rata yang jauh lebih tinggi daripada orang kulit putih non-Yahudi, yang setara dengan keunggulan IQ sebesar 7,5 poin IQ.

Hasil tersebut mengkonfirmasi laporan sebelumnya bahwa IQ verbal orang Yahudi Amerika lebih tinggi daripada orang kulit putih non-Yahudi.

2. Memiliki IQ yang Tinggi

Dalam jurnal karya Richard Lynn, disebutkan juga penelitian lain dari MacDonald yang menyimpulkan jika menyimpulkan bahwa "secara keseluruhan, data menunjukkan IQ rata-rata dalam kisaran 117 untuk anak-anak Yahudi Ashkenazi, dengan IQ verbal dalam kisaran 125 dan IQ kinerja dalam kisaran rata-rata".

Terdapat pula Storfer yang menulis jika “Orang Yahudi dianggap sebagai suatu kelompok yang cenderung unggul dalam beberapa domain kognitif, misalnya kemampuan verbal dan numerik. Tetapi tidak dalam domain lainnya, sebagaimana dibuktikan oleh kinerja mereka yang biasa-biasa saja pada jenis masalah spasial atau persepsi tertentu”.

Storfer menyimpulkan bahwa orang Yahudi Amerika memiliki IQ rata-rata sekitar 112 pada Stanford-Binet, yang sebagian besar merupakan tes kemampuan verbal.

3. Keinginan Berkembang Secara Tidak Normal
3 Kelebihan Orang Yahudi dari Sisi Kecerdasan dan Genetik

Dilansir dari Medium, penelitian dari Houston Stewart Chamberlain mengatakan orang Yahudi memiliki "keinginan yang berkembang secara tidak normal" dan jaringan kekerabatan yang kuat.

Sementara Thorstein Veblen, beranggapan bahwa posisi marjinal orang Yahudi memotivasi mereka untuk mencapai kesuksesan dengan cara yang tidak konvensional.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0895 seconds (0.1#10.140)