Terinspirasi Spider-Man, Ilmuwan Ciptakan Material Superhero

Jum'at, 11 Oktober 2024 - 19:43 WIB

Menambahkan chitosan, protein yang ditemukan pada eksoskeleton serangga, membuat serat hingga 200 kali lebih kuat, sementara bahan kimia seperti borat buffer tampaknya meningkatkan daya rekat sekitar 18 kali lipat, kata para ilmuwan.

Diameter serat dapat dikontrol untuk berkisar dari lebar rambut manusia hingga sekitar setengah milimeter, tergantung pada lubang jarum.

Serat yang ditembakkan dengan cara ini dapat mengangkat benda lebih dari 80 kali beratnya dalam berbagai kondisi. Dalam berbagai tes, serat mengangkat baut baja, tabung laboratorium yang mengapung di atas air, pisau bedah yang sebagian terkubur di pasir, dan balok kayu dari jarak sekitar 12 sentimeter.

Meskipun sutra laba-laba masih sekitar 1.000 kali lebih kuat, para ilmuwan mengatakan, serat baru ini dapat ditingkatkan untuk berbagai aplikasi.

"Proses ini dapat disetel dengan halus untuk mencapai fabrikasi yang terkontrol dari serat hidrogel perekat yang terbentuk secara instan. Ini benar-benar bahan yang terinspirasi oleh superhero," kata Dr Dr Lo Presti.