Bukan Mars, NASA Incar Europa untuk Masa Depan Manusia!

Rabu, 16 Oktober 2024 - 07:43 WIB
loading...
A A A
"Hari yang luar biasa. Kami sangat gembira," kata Direktur JPL, Laurie Leshin, setelah lepas landas.

Dengan ukuran sebesar lapangan basket dengan sayap suryanya yang terbentang, Clipper akan melewati Mars dan kemudian Bumi dalam perjalanannya ke Jupiter untuk mendapatkan bantuan gravitasi. Wahana seberat hampir 5.700 kilogram ini akan mencapai planet terbesar di tata surya pada 2030.

Clipper akan mengitari Jupiter setiap 21 hari. Salah satu hari itu akan membawanya dekat dengan Europa, di antara 95 bulan yang diketahui di Jupiter dan berukuran hampir sama dengan bulan kita sendiri.

Wahana antariksa ini akan terbang serendah 25 kilometer di atas Europa — jauh lebih dekat daripada beberapa pengunjung sebelumnya. Radar onboard akan mencoba menembus lapisan es bulan, yang diyakini setebal 15 hingga 24 kilometer. Lautan di bawahnya bisa sedalam 120 kilometer atau lebih.

Clipper membawa sembilan instrumen, dengan elektronik sensitifnya disimpan dalam brankas dengan dinding seng dan aluminium yang padat untuk perlindungan terhadap radiasi. Eksplorasi akan berlangsung hingga 2034.



“Dunia lautan seperti Europa tidak hanya unik karena mungkin dapat dihuni, tetapi mungkin dapat dihuni saat ini,” kata Gina DiBraccio dari NASA pada malam sebelum peluncuran.

Jika kondisi ditemukan mendukung kehidupan di Europa, maka itu membuka kemungkinan kehidupan di dunia lautan lain di tata surya kita dan di luarnya, menurut para ilmuwan. Dengan lautan bawah tanah dan geyser, bulan Saturnus, Enceladus, adalah kandidatutamalainnya.
(dan)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)