Benarkah Dinosaurus Berevolusi Jadi Burung? Ini Penjelasan Lengkapnya

Senin, 28 Oktober 2024 - 09:07 WIB
Benarkah Dinosaurus...
Dinosaurus Berevolusi Jadi Burung. FOTO/ Prehistoricsaurus
LONDON - Telah lama diperdebatkan bahwa burung dulunya adalah dinosaurus berbulu, atau, dengan kata lain, burung berevolusi dari nenek moyang raksasa.

Dalam studi fosil terkini, ahli paleontologi menyebut Yutyrannus hauli sebagai dinosaurus berbulu terbesar. Fosil ini panjangnya sekitar sembilan meter dan beratnya mendekati 1.400 kilogram dengan bulu sebagian atau lengkap (yang masih menjadi perdebatan).

Ini mungkin dinosaurus berbulu terbesar, tetapi burung modern lebih mirip dengan kelompok theropoda yang disebut Tyrannoraptors. Kelompok ini mencakup predator bipedal favorit semua orang, Tyrannosaurs rex. atau T. rex.

Fosil T. rex diyakini memiliki bercak-bercak kulit dengan sedikit bulu, seperti kulit bersisik mirip reptil yang umumnya dikaitkan dengan bulu burung yang lebih lembut.

Namun bukti terkini menunjukkan bahwa Yutyrannus hali adalah dinosaurus berbulu terbesar yang ditemukan hingga saat ini.

Yutyrannus hali, yang secara harfiah berarti "tiran berbulu yang cantik", ditemukan pada tahun 2012 setelah fosilnya dibeli dari seorang pedagang.

“Tiran berbulu yang cantik” itu besar dan berbulu halus dan hidup 125 juta tahun yang lalu
Apakah Yutyrannus huali berbulu sebagian atau seluruhnya masih diperdebatkan, tetapi kita tahu bahwa ia memiliki bulu proto yang berbeda dari bulu modern.

Bulu proto memiliki filamen panjang (sekitar 20 sentimeter, menurut Museum Australia) yang tidak memiliki duri, barbula, dan kait yang kita lihat pada bulu modern, tetapi diperkirakan telah membentuk lapisan bulu lebat yang memungkinkan Yutyrannus tetap hangat di iklim dingin.

Ketika membandingkan bulu proto dan modern Yutyrannus dan T. rex, para peneliti meyakini bahwa Yutyrannus hidup sekitar 125 juta tahun yang lalu selama periode Cretaceous awal, dan pada saat T. rex tiba, bulunya mengalami evolusi.