Benarkah Dinosaurus Berevolusi Jadi Burung? Ini Penjelasan Lengkapnya

Senin, 28 Oktober 2024 - 09:07 WIB
loading...
A A A
Diperkirakan bayi T. rex seukuran anjing terrier, dan mungkin juga memiliki bulu proto berbulu halus. Kemudian, saat mencapai masa pertumbuhan remaja (ketika ukurannya menjadi tiga kali lipat dalam waktu yang lebih singkat), bulunya mungkin telah menyusut menjadi bercak-bercak kecil yang dapat berguna dalam ritual perkawinan.

Salah satu alasan untuk meragukan apakah T. rex dewasa ditutupi bulu adalah karena fisiologinya. Saat T. rex tumbuh, volumenya meningkat jauh lebih besar daripada luas permukaannya (kulit). Dengan kata lain, secara metabolik, tidak masuk akal untuk ditutupi bulu karena suhunya akan terlalu panas.

Masalah T. rex bukanlah kedinginan, tetapi justru sebaliknya. Saat masih bayi, ia memiliki rasio luas permukaan terhadap volume tubuh yang tinggi, yang akan mendapat manfaat dari kehangatan bulu.

Mungkin itulah sebabnya bulu berevolusi sejak awal, sebagai bentuk pengaturan suhu tubuh bagi hewan kecil dengan luas permukaan besar yang membuat mereka sulit mempertahankan panas yang dihasilkan oleh tubuh mereka.

Namun, pendekatan ini mungkin tidak sesuai dengan T.rex raksasa , sehingga bulu-bulunya hilang pada beberapa kelompok tetapi masih ada pada kelompok lain, termasuk dinosaurus yang tinggal sekota dengan kita saat ini.
(wbs)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)