Vaksin Jadi Retorika Bisnis, Donor Plasma Darah Terbukti Ampuh Sembuhkan COVID-19

Rabu, 09 September 2020 - 11:26 WIB
loading...
Vaksin Jadi Retorika Bisnis, Donor Plasma Darah Terbukti Ampuh Sembuhkan COVID-19
ILUSTRASI Vaksin virus Corona. FOTO/ IST
A A A
BRISTOL - Sejauh ini VAKSIN corona masih belum jelas dan hanya menjadi retorika bisnis. Penggunaan plasma darah sebagai “ramuan” disebut sebagai salah satu cara yang paling ampuh untuk melawan virus corona. .(Baca juga: 2Lubang Hitam Terkuat Mau Tabrakan, Bahayakah untuk Warga Bumi? )

Meski begitu, menurut para ahli, tidak semua orang bisa mendonorkan plasma darah mereka, hanya orang-orang yang pernah dinyatakan positif Covid-19 dan berhasil sembuh, yang bisa mendonorkannya.(Baca juga: Realme Ikhlaskan Harga Ponsel Didiskon Habis-habisan saat Mega Sale )

Plasma darah merupakan cairan kuning yang membawa sel darah merah dan darah putih serta trombosit di dalam aliran darah manusia.

Jadi, ketika seseorang dinyatakan sembuh dari Covid-19 , sel darah putihnya diprediksi mampu menjadi pelawan virus tersebut.

Ketika didonorkan, plasma darah tersebut ikut membawa sel-sel terpogram, yang kemudian mampu membantu orang-orang yang juga terinfeksi virus serupa.

Melansir dari Express, lembaga penyedia donor darah asal Britania Raya, NHS Blood and Transplant (NHSBT), mengaku akan mendahulukan pendonoran plasma darah.

Namun, lembaga tersebut juga mengaku bahwa belum banyak yang bisa menjadi pendonor plasma darah. Jika dirasa cocok, plasma darah orang yang pernah terinfeksi Covid-19 bisa menjadi donatur yang ideal.

Sejauh ini, NHSBT hanya menerima menerima pendonor berusia di atas 17 tahun, dan baru saja dinyatakan sembuh dari Covid-19, karena memiliki antibodi di dalam plasma darahnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2394 seconds (0.1#10.140)